Rekonsiliasi kasus HAM cuma pencitraan

0
417

desmond-rekonsiliasi-kasus-ham-cuma-pencitraanJAKARTA,Zonadinmaika. com – Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa, menilai upaya rekonsiliasi yang ingin dibangun Jaksa Agung demi menuntaskan tujuh kasus pelanggaran HAM berat hanya pencitraan belaka. Apalagi, ia menuding upaya tersebut hanyalah sebuah komoditas politik dari pemerintah untuk menyerang lawan politiknya.

“Dalam konteks apa? UU rekonsiliasi itu kan enggak ada. Niat rekonsiliasi? kamu percaya. Dari dulu niat pemerintah pencitraan aja. Kalau ada niatan pemerintah itu pasti tujuannya menyerang pribadi-pribadi aja, bukan dalam rangka kepentingan luka-luka persoalan HAM anak bangsa terhapus,” kata Desmond di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (26/5).

Menurut dia, jika benar pemerintah berniat serius melakukan rekonsiliasi tujuh pelanggaran kasus HAM, seharusnya sudah muncul langkah-langkah yang akan diambil. Tetapi, sampai saat ini, belum ada tanda-tanda tersebut.

Bahkan, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menyebut ada upaya pemutihan untuk beberapa kasus yang akan dilakukan pemerintah. Sebab, banyaknya pelaku pelanggaran HAM yang kini berada dibalik Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, walaupun tak menyebut nama, tetapi pernyataan Desmond menjurus ke mantan Kepala BIN AM Hendropriyono yang disebut-sebut sebagai dalang dibalik tewasnya aktivis Munir.

“Bisa saja (diputihkan). karena yang berkuasa sekarang kan dikelilingi oleh pelanggar HAM. Ya katanya ada pembunuh Munir di situ, ada kasus 27 Juli, ada kerusuhan Mei. Jadi kalau pemerintah betul dalam rangka konteks rekonsiliasi membantu teman-teman di pemerintahan yang terlibat pelanggaran HAM masa lalu bisa juga. Ini memberi pengampunan terhadap temen sendiri,” tukasnya.(merdeka.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here