Zonadinamikamews.com. Bagi orang Batak, pasti sudah tidak asing lagi dengan Pesta Bona Taon, biasa digelar berdasarkan keturunan (pomparan), borsak Sirumonggur Sihombing Lumbatoruan, komunitas Batak yang berada di perantauan khususnya Cikampek,Kotabaru Karawang Jawa Barat.

Makna Pesta Bona Taon ini untuk meluapkan syukur dalam suka cita  atas lawatan Tuhan selama satu tahun dan mengajak anggota untuk menyatukan hati dalam doa untuk bersyukur atas berkat yang telah diberikan, berdoa memohonkan perlindungan dan penyertaan, dan membaharui ketaatan kepada firman-Nya, bahwa hidup kita sangat tergantung kepada belas kasihan dan kemurahan Allah, bukan kepada kehebatan dan kejagoan kita.terang St.A.Sihombing.

Dikatakan, bahwa kehidupan orang batak dalam kota besar dan modern membuat banyak orang, terpencar-pencar dan tercerai-berai, di kota yang sungguh ramai dan hiruk-pikuk, banyak orang bisa merasa sepi, sendiri dan bahkan terasing.

Acara Bona Taon Borsak Sirumonggur terpancar kasih yang memiliki keluarga, sanak dan saudara, bersaudara dan berkeluarga,memiliki kasih sayang dan kebahagian yang saling menguatkan di tengah kenyataan hidup yang keras ini.

Pungguan atau kumpulan Borsak Sirumonggur yang berada di Cikampek,Kotabaru Karawang Jawa Barat memilih lokasi obyek wisata ciater subang sebagai tempat berkumpul untuk bersuka cita dalam kasih Tuhan, selain Acara Bona Taon dipadukan dengan acara arisan ini,seluruh anggota secara antusias hadir untuk dapat kumpulan.

Tanggal 6 Maret malam gelar kebaktian yang di pimpin oleh St.A.Sihombing dengan bawah renungan firman Tuhan yang di ambil amsal 3 ayat 11-12.

Dikatakan, bahwa Tuhan memberi cobaan dan pencobaan yang wajib kita alami dalam setiap kehidupan dengan tujuan agar kita selalu setia dan bersyukur bahwa Tuhan masih mengasihi kita. Oleh sebab itu, Kita sebagai umat kristen jangalah selalu berpikir enak, namun kesulitan yang terjadi dalam kehidupan kita,kita tetap datang padanya dan jangan jadi pembrontakan dengan mengadu pada Allah lain atau yang lazim disebut dukun.

Tika harus yakin dan percaya allah memilih kita, Tuhan juga telah menyediakan apa yang kita perlukan.Iman yang bertumbuh karena sering dengar firman dengan aktif dalam setia kebaktian pada Tuhan.paparnya.

Lewat acara bona taon terpancar kebahagian para pomparan borsak sirumonggur dengan bersenandung dan berjoget ria. Tanggal 7 Maret dilanjutkan dengan acara arisan dan ramah tamah. (B)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here