Sambut Hari Jadi ke 5: LSM STRATEGI Pacu Etika dan Disiplin Berorganisasi

0
320

MEDAN-Zonadinamika.com. Lembaga Swadaya Masyarakat Sentra Transformasi & Transparansi Negeri (LSM STRATEGI) adalah sebuah organisasi independen non pemerintah yang merupakan wadah sosial kontrol berbasis massa yang didirikan di kota Medan pada hari Minggu tanggal 10 Juni 2012 silam oleh sejumlah aktivis pemerhati sosial di Sumatera Utara yang berasal dari beragam etnis, kalangan, kompetensi keahlian dan berbagai disiplin ilmu pengetahuan.

Rekruitmen keanggotaan di semua jenjang tingkatan, baik di tingkat Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) sebagai struktural tertinggi di tubuh LSM STRATEGI, Dewan Pimpinan Kab/Kota (DPK), Lembaga/Badan Binaan Sosial, Profesi maupun Fungsional, Komisariat Kecamatan (Komcat) serta Komisariat Kel/Desa terdiri dari elemen juga aktivitas yang berbeda seperti tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dosen, pengacara, jurnalis, PNS, Pegawai BUMN/BUMD, pengusaha, kontraktor, cendikiawan, dan berbagai status sosial lainnya.

Demikian disampaikan Ketua DPP LSM STRATEGI Sumut M. Yusuf Siregar atau yang akrab disapa Boy Siregar (foto) saat menggelar Konferensi Pers sambut hari jadi kelima LSM STRATEGI di aula sekretariat/kantor DPP Jl. Kedondong Pasar VII Marindal, Kamis malam (8/6).

Boy Siregar tak henti-hentinya mengimbau kader di semua Dewan Pimpinan yang sudah terbentuk khususnya di 17 DPK Kab/Kota Se – Sumut yang telah memperoleh Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari Badan Kesbang Pol setempat agar dalam mengimplementasikan fungsi kontrol sosial di tengah masyarakat tetap berpijak di atas koridor hukum, mempedomani amanah Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Orkemas, AD/ART dan Peraturan Organisasi LSM STRATEGI, serta Ketentuan Perundang-Undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

“Selain itu, dengan genapnya 5 tahun usia lembaga kita, kami minta kepada seluruh kader untuk lebih meningkatkan etika dan disiplin dalam berorganisasi. Sebab hal ini menjadi tolak ukur berhasil tidaknya LSM STRATEGI ke depan,” imbaunya seraya menjelaskan jika etika dan disiplin mempunyai peranan penting di perjalanan sebuah  organisasi, apalagi LSM STRATEGI yang boleh dikatakan masih seumur jagung.

Lanjut Boy, suatu etika dapat membentuk nilai, norma juga perilaku kader serta pimpinan guna membangun hubungan organisasi dengan masyarakat dan mitra kerja. Etika berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan, berkaitan dengan moralitas seseorang berbuat kebaikan serta menghindari tindakan yang buruk.

Etika juga merupakan cara untuk melakukan kegiatan, mencakup seluruh aspek yang terhubung dengan individu, organisasi dan juga masyarakat. Contoh penerapan etika di kehidupan organisasi sehari-hari di antaranya bersikap sopan, ramah berkomunikasi, tidak emosional, memahami hierarki organisasi, berkata jujur dan menghargai sesama kader terutama senioritas.

Sambungnya lagi, disiplin dapat didefenisikan sebagai perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya seseorang merupakan tanggungjawabnya. Di dalam organisasi setiap kader memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing yang harus ditanggungjawabi. Melihat ini, tentunya peran disiplin sangatlah dibutuhkan  bagi kader dalam menjalankan Tupoksinya, agar keberhasilan organisasi dapat diraih.

Diantara contoh penerapan disiplin yakni disiplin menggunakan waktu, dimana setiap kader diharapkan mampu membagi waktu untuk mengikuti kegiatan organisasi dengan aktivitas kehidupan lain seperti urusan pekerjaan, keluarga maupun pergaulan, sebab salah satu kunci kesuksesan yaitu dapat menggunakan waktu sebaik mungkin.

Selanjutnya disiplin dalam bersikap, yakni dengan mengontrol perbuatan diri sendiri serta tidak gegabah dalam bertindak. Kemudian disiplin menegakkan dan mentaati peraturan yang memiliki pengaruh kuat terhadap kewibawaan kader juga organisasi.

“Mengingat hari jadi LSM STRATEGI tepatnya tanggal 10 Juni besok berkebetulan bulan suci Ramadhan, maka perayaan yang rutin digelar setiap tahunnya ini kita jadwalkan pada Juli mendatang, sekaligus rencana pelantikan massal sejumlah dewan pimpinan LSM STRATEGI,” sebut Boy Siregar. “Untuk itu, atas nama Dewan Pimpinan Provinsi kami mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun LSM STRATEGI Ke – 5, semoga tetap Amanah Dalam Perjuangan dan Tulus Dalam Pengabdian,” lanjutnya mengakhiri.(rahman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here