GPPS Cikampek Dalam Baptisan Kudus Bagi Pemuda Pemudi

0
730

CIKAMPEK-Zonadinamika.com. Delapan Orang pemuda pemudi Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Cikampek yang digembalakan Oleh Pdt.Sahala Malau melakukan baptisan selam di Kolam Tirta Sari Cikampek Karawang Jawa Barat Sabtu 28/1/2017.Sebelum pelaksanaan baptis selam,sebelumnya seluruh muda-mudi dibekali atau pendalaman Firman tentang arti sebuah baptisan yang wajib di laksanakan oleh umatnya.

Sebab baptisan yang diberikan Yesus Sebelum kenaikanNya ke surga, Yesus berkata, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” (Matius 28:19-20). .

Ajaran Yesus, memuridkan, dan membaptis para murid hal-hal ini harus dilakukan di semua tempat, kepada semua bangsa, sampai kepada akhir zaman. Jadi, pembaptisan sangat penting karena diperintahkan Yesus sendiri,terang Pdt. Sahala Malau.

Sebab baptisan ini dipraktekkan sebelum pendirian Gereja oleh Orang Yahudi di masa lalu membaptis murid dan binaan mereka sebagai lambang atas kodrat mereka yang telah “dibersihkan”. Yohanes Pembaptis menggunakan pembaptisan untuk mempersiapkan jalan bagi Tuhan, dengan menekankan bahwa semua orang,tidak hanya orang non-Yahudi, haruslah dibaptis karena setiap orang membutuhkan pertobatan,Paparnya.

Lebih jauh Pdt Sahala Malau menambahkan, Pembaptisan dilakukan di dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus – yang menjadikannya sebuah pembaptisan “Kristen”. Hanya melalui cara ini seseorang masuk ke dalam komunitas Gereja.

Ketika kita dibaptis kita diselamatkan oleh Roh Kudus ke dalam Tubuh Kristus, dalam 1 Korintus 12:13 Paulus menulis, “Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.” Pembaptisan melalui air adalah “pemeragaan ulang” baptisan yang kita terima oleh Roh Kudus.

Pembaptisan Kristen menggambarkan, dengan cara dramatis, kematian, penguburan, dan kebangkitan Kristus. Dalam waktu yang sama, juga menggambarkan kematian kita terhadap dosa dan hidup baru di dalam Kristus. Sebagaimana orang berdosa menerima Tuhan Yesus, ia mati terhadap dosa (Roma 6:11) dan dibangkitkan kepada kehidupan baru (Kolose 2:12).

dalam praktek membenamkan ke dalam air mencerminkan kematian terhadap dosa. Sementara diangkat dari air mencerminkan kehidupan yang bersih dan kudus sebagai konsekuensi bagi orang yang telah dianugerahi keselamatan.

Roma 6:4 “Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru atau lahir baru.”.(BS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here