Agam-Sumbar.Zonadinamika.com. Kabupaten Agam melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Agam bentuk tim screening dan penanggulangan virus HIV/AIDS terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN), Rabu (20/2-2019) di Aula Kantor Dinkes Agam.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Indra Rusli mengatakan, pembentukan tim ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Agam, serta tindaklanjut dari intruksi Bupati Agam. Dengan tujuan agar virus HIV dapat terdeteksi untuk segera dilakukan penanggulangan.

Melalui kegiatan ini, kata indra diharapkan virus HIV terhadap ASN yang ada di Pemerintah Daerah Kabupaten Agam dapat dicegah dan ditanggulangi.

“Kegiatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 28 Februari hingga 28 Maret 2019. Melibatkan beberapa unsur seperti BKPSDM, Satpol PP Damkar, RSUD, serta Kesbangpol,” ujarnya.

Dijelaskan, virus HIV itu sendiri dapat menular melalui beberapa cara yaitu hubungan seksual, jarum suntik yang tercemar, dan tranfusi darah.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, dapat meminimalisir penyebaran virus HIV dan yang terindikasi terkena virus tersebut dapat segera ditanggulangi. (zaherman/mai’ridwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here