Alat Bantu Desiminasi Gempa Wts NewGen Pendeteksi Dini Gempa dan Tsunami di Pasang di BPBD Agam

0
104

LUBUK BASUNG – ZonadinamikaNews.com.Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, yang telah bekerjasama dengan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, mendapat bantuan alat Warning Receiver System New Generation (WRS NewGen), diterima Kalaksa BPBD Kabupaten Agam, diwakili Kabid Kedaruratan dan Logistik, Syafrizal, SH, MH, Senin (27/7) di Markas Komando BPBD Agam di Lubuk Basung.

Bantuan alat WRS NewGen yang diantar dan diserahkan oleh Tim BMKG Padang Panjang, diwakili Syamsir dan Fajar Dwi Prasetyo selaku Kepala Seksi Observasi dan pada kesempatan itu Tim BMKG Padang Panjang langsung memberikan pelatihan cara melihat dan mempergunakan alat bantu pendeteksi dini pergerakan bumi melalui gempabumi dan gempa berpotensi tsunami.

Pelatihan singkat cara melihat dan menggunakan alat penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, dimana alat minitor ini dapat memberikan informasi gempa secara lebih cepat karena bersifat “real time” otomatis dari BMKG, dibuka secara resmi oleh kepala bidang Kedaruratan dan Logistik Syafrizal, SH.M.Si yang diikuti seluruh Satgas BPBD, staf dan anggota Pusdalops PB BPBD Agam.

Dengan diadakannya pelatihan terhadap alat bantu pendeteksian dini gempabumi, kedepannya alat ini dapat berguna, sebagai media penyebaran luas informasi gempa bumi dan peringatan tsunami di Wilayah Kabupaten Agam, agar tidak ada keresahan masyarakat tentang banyaknya informasi simpang siur apabila terjadi gempa bumi, kata Syafrizal.

Syamsir Okraindi, S.Si., M.I.Kom bersama Fajar Dwi Prasetyo, ST dari BMKG Padang Panjang saat menjelaskan fungsi alat bantu WRS NewGen ini dimana dapat mendeteksi secara cepat kekuatan gempa secara dini dari getaran berskala kecil. Sehingga bisa menunjang kerja BPBD dalam pemberian informasi yang akurat dan cepat.

Semoga kedepan alat ini dapat berguna, sebagai media penyebaran luas informasi gempa bumi dan peringatan tsunami di Wilayah Kabupaten Agam, agar tidak ada keresahan masyarakat tentang banyaknya informasi simpang siur apabila terjadinya gempa bumi, kata Syamsir Okraindi.

Kepala BMKG Padang Panjang Irwan Slamet, ST., M.Si. saat dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan bahwa Pemasangan dan penempatan alat WRS NewGen ini sesuai amanat Perpres No.93 Tahun 2019 tentang penguatan dan pengembangan sistem informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami.

Peralatan Diseminasi Warning Receiver System New Gen (WRS) merupakan peralatan yang digunakan sebagai penyebaran informasi terkait kejadian gempa bumi dan tsunami di seluruh Indonesia kepada computer institusi interface (Local Government/Government Institutions, Media TV, Radio dan lainnya).

Nantinya setiap institusi interface wajib mendaftarkan IP Adress kepada BMKG untuk mendapatkan informasi. Ketika event yang baru tersedia, WRS akan mengirimkan pemberitahuan informasi gempa bumi maupun tsunami kepada WRS client. Setelah WRS client mendapatkan informasi dari WRS Server, maka client dapat mengambil informasi tersebut pada WRS Server yang sudah terpasang di lokasi. ( Zona-Yns)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here