Dishubkominfo Karawang, Operasikan Alat Uji Kendaraan Baru

0
924

Karawang,Zonadinamika.com. Sejumlah alat uji kendaraan yang dimiliki Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishibkominfo) yang selama belum bisa dipungsikan secara maksimal menyusul sejumlah alat tersebut sudah tidak layak pakai, alat uji tersebut harus mengalami pergantian secara merata.

APBD Karawang 2015, telah mengalokasikan pengadaan berupa alat seperti Brake Tester ( Alat Uji Rem ) yang dipungsikan untuk mengetahui besarnya gaya pengereman ( braking force) suatu kendaraan.

Dan diharapkan tahun 2016 alat uji jenis Speedometer yang berpungsi untuk pengukur kecepatan kendaraan darat, yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan yang beroperasi di jalan dapat terealisasi guna melengkapi peratan uji di Diskominfo Karawang.

Dengan tujuan agar setiap pengemudi mengetahui kecepatan kendaraan yang dijalankannya dan dijadikan informasi utama untuk mengendalikan kecepatan dikawasan/jalan agar tidak terlalu lambat atau terlalu cepat, bisa mengatur waktu perjalanan dan mengendalikan kecepatan dijalan yang kecepatannya dibatasi.

Demikian harapan kepala UPTD PKB Dishubkominfo Karawang Drs. Ayeh Kosasih yang di damping tim penguji H.A.Zaini dan Dadang Herman kepada Zonadinamika.com saat menyaksikan penggunaan alat uji perdana di gedung pengujian Dishubkominfo 12/01.

Di tambahkan, dengan telah di operasikanya Breake Tester, otomatis mendapatkan keuntungan ke berbagai pihak, baik bagi konsumen juga bagi para penguji,karena konsumen bisa mengetahui layak tidaknya kendaraanya untuk beroperasi dalam segi rem.

Dalam pengujian tidak ada istilah mereka reka, bagaimana kata alat,kalau kata alat tidak lulus ya tidak lulus,sebab kita sebagai petugas hanya sebatas operator dan selalu mengacu pada alat uji tersebut. Tegas Zaini.

Keprofesional para petugas pengujian di Dishubkominfo akhirnya teruji sudah, karena tidak mendapatkan kendala yang berarti dalam pengoperasian alat uji otomatis tersebut, namun semakin memudahkan pelayanan kepada konsumen yaitu kepada para pemilik kendaraan.

Di akui, keunggulan alat uji jenis Breake Tester yang ada saat ini, bisa menghitung beban, bisa mengukur daya rem, bisa membedahkan daya berat statis kendaraan ketika dinamis, bisa menghitung efesiensi rem, bisa menghitung selisi daya antara roda kiri dan kanan.

Maka dengan adanya alat pengujian baru ini, Harap Zaini, legal pengujian makin jelas karena didukung adanya print out hasil uji, artinya hasil uji semakin transfaran kepada pemilik kendaraan. karena ketentuan layak tidaknya kendaraan beroperasi ada tiga jenis uji yang tidak bisa di lewatkan, yakni. uji rem utama, lampu utama dan uji emisi dan ketiga jenis ini jelas-jelas tercantum dalam buku kir. Dan semoga para pemilik kendaraan semakin puas atas pelayanan kami ke depan harapnya harap para penguji. (budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here