Pusjatan Paparpan Contoh Over Pass Dan Under Pass Murah

0
513

 

PUS OKEBANDUNG,Zonadinamika.com. Pusat Litbang Jalan dan Jembatan (Pusjatan)  bekerjasama dengan Posco-Krakatau Steel  pada Rabu, 13 Mei 2015 mendiskusikan rencana  tindak nyata dari kerjasama yang dimulai tahun 2014.

Kedua pihak  sepakat  akan membangun proyek percontohan jembatan penyebrangan over pass dan under pass dengan biaya yang murah. Pembangunan jembatan tersebut  dilatar belakangi oleh asumsi masih mahalnya pembanguanan jembatan penyebarangan  di Indonesia sehingga untuk beberapa lokasi khususnya di kota besar jembatan penyebrangan masih relatif sedikit  walaupun memiliki arus lalu lintas cukup padat.

Dengan pengalaman POSCO yang telah membangun lebih dari 2000 jembatan di Korea Selatan, diharapkan akan membantu masalah pembangunan jembatan penyebrangan di Indonesia terutama dari segi efisiensi biaya dengan tidak mengurangi manfaat.

Dalam diskusi yang dihadiri oleh Dr.Park Chan Hee  mewakili lembaga riset  POSCO tersebut beberapa  kandidat kota  akan dijadikan lokasi proyek pembanguanan percontohan seperti Kota Malang dan Kota bandung.

Sebagai  permulaan tahap pelaksanaan, para peneliti Pusajatan menyampaikan kajian awal kondisi geologi beberapa kota, selanjutnya baik peneliti Pusjatan maupun peneliti Posco akan melakukan site investigation ke beberapa tempat  untuk melakukan studi kelayakan lokasi proyek percontohan jembatan tersebut .(bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here