Internasional Toba Kayak Marathon 2017, Kejari Tobasa Tetapkan 6 TSK

0
104

Balige – Zonadinamikanews.com.”6 orang sudah kita tetapkan sebagai Tersangka atas dugaan adanya tindakan merugikan keuangan negara pada kegiatan Internasional Toba Kayak Marathon yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Toba pada akhir November 2017 silam,”

Demikian disampaikan Gilbeth Tindaon, Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejaksaan Negeri (Kejari) Balige didampingi rekannya Richard Sembiring, Kasi Pidana Khusus (Pidsus) saat menggelar Press Release dengan sejumlah wartawan di ruang kerjanya pada Rabu (16/92020).

Dalam kesempatan itu, Gilbeth mengakui bahwa sebanyak 6 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi dalam kegiatan itu khususnya dalam pengadaan fasilitas kayak sebanyak 6 unit. “Tiga diantaranya sudah kita sita ssbagai barang bukti, selanjutnya kita masih melakukan pendalaman atas kasus ini,” sambungnya.

Masih kata Gilberh, adapun keenam tersangka tersebut adalah US (51) selaku PPK dan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, SS (47) sebagai Direktur CV Citra Sopo Utama, NT (31) sebagai Wakil Direktur Citra Sopo Utama, AL (32) Pejabat PPHP panitia penerima hasil pekerjaan sekaligus (PPHP), ST (39) sebagai Ketua PPHP dan HB (44) sebagai PPTK.

“Mereka berenam yakni 4 orang ASN dan 2 orang pihak swasta itu disangkakan melanggar undang undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Nomor 31 Tahun 1999 Pasal 2 ayat 1 dan pasal 3 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara,” imbuhnya.

Gilbeth merinci bahwa dari hasil audit BPKP, atas kasus ini kerugian negara diperkiraan sekitar 300 juta rupiah lebih. “Adapun pagu anggaran Kegiatan Internasional Toba Kayak Marathon itu bersumber dari APBD Tobasa tahun 2017 sebesar 200 juta ditambah bantun pihak ketiga seperti BPDSU sebesar sertua jut rupiah dan INALUM sebesar tiga puluh juta rupiah,” bebernya.

“Hingga mereka dijadikan tersangka saat ini, Bukti phisik pengadaan keenam unit kayak itu belum bisa ditunjukkan, sehingga ada dugaan pengadaannya fiktif dan menjadikan mereka sebagai Tersangka,” lanjut Gilbeth.

“Semua Tersangka belum dilakukan penahanan sebab hingga saat ini mereka masih sangat kooperatif yang selalu hadir bila dilakukan pemanggilan guna pemeriksaan. Sekian hanya itu yang bisa kami sampaikan,” pungkas Gilbeth Sitindaon mengakhiri Press Release itu. (JP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here