‘Rd. Andri Kurniawan’, TP4D Berfungsi Hanya Pada Dimensi Yuridis

0
381

KARAWANG-Zonadinamika.com.Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor: KEP-152/A/JA/10/2015 tanggal 1 Oktober 2015 tentang Pembentukan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) serta Instruksi Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor: INS-001/A/JA/10/2015 tanggal 5 Oktober 2015 tentang Pembentukan dan Pelaksanaan Tugas Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan, maka maksud dan tujuan pembentukan TP4D yaitu:

 

  1. Untuk meningkatkan upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi sehingga perlu dilaksanakan rencana dan pelaksanaan yang sungguh-sungguh sehingga kegiatan pencegahan korupsi yang dilaksanakan oleh Kejaksaan dapat berlangsung secara efektif efisien dan optimal,

2.Untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan nasional di pusat maupun di daerah, melalui kegiatan pengawalan dan pengamanan baik dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan hasil pembangunan, termasuk dalam upaya mencegah timbulnya penyimpangan dan kerugian negara.

Sementara itu dari tugas dan fungsi TP4 sebagaimana tertuang didalam Keputusan Jaksa Agung Nomor Kep-152/A/JA/10/2015 tersebut telah diuraikan secara gamblang tentang tugas dan fungsi dalam rangka mengawal, mengamakan dan mendukung pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan/preventif dan persuasif.

Dikaitkan dengan Instruksi Jaksa Agung Nomor Ins-001/A/JA/10/2015 yang memberikan petunjuk langkah-langkah melaksanakan Keputusan Jaksa Agung Nomor Kep-152/A/JA/10/2015 maka ruang lingkup TP 4 baik dipusat maupun di daerah harus juga mengacu pada ke 5  (lima) tugas pokok dan fungsi, yaitu:

Mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahaan/ preventif dan persuasif;

Memberikan pendampingan hukum dalam setiap tahapan program pembangunan dari awal sampai akhir (sejak perencanaan sampai pada penyerahan hasil pekerjaan);

Melakukan koordinasi dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang berpotensi menghambat, menggagalkan dan menimbulkan kerugian bagi keuangan negara;

Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pekerjaan dan program pembangunan dalam pengadaan barang dan jasa;

Melaksanakan penegakan hukum di tingkat daerah secara represif ketika menemukan adanya perbuatan melawan hukum yang dimungkinkan dapat merugikan keuangan negara.

Ketika instansi pemerintah daerah yang meminta TP4D untuk melakukan pendampingan, selanjutnya melalui forum ekspose/pemaparan maupun diskusi sudah seharusnya dilakukan indentifikasi permasalahan kongkrit yang dihadapi serta pada tahapan mana permasalahan itu dirasakan atau kemungkinan terjadi dalam pelaksanaan kegiatan/proyek.

Apabila persoalan kongkrit yang dihadapi oleh instansi pemerintah daerah terkendala dalam  penyiapan lahan pada tahapan perencanaan proyek pembangunan infrastruktur, maka TP4D fokus mencarikan solusi dari aspek hukum terkait penyiapan lahan berikut langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan oleh instansi pemerintah yang bersangkutan.

Begitu pula halnya ketika instansi pemerintah daerah menghadapi persoalan kongkrit terkait skema pendanaan dan pengelolaan keuangan dalam tahap pelaksanaan suatu kegiatan, tentunya TP4D fokus membeikan saran dan pendapat hukum terkait tatacara pengelolaan keuangan dan pertanggungjawabannya.

Terkait dengan di bentuknya TP4D Kejari Kabupaten Karawang, salah seorang pemerhati dan pemerintahan di Kabupaten Karawang yang di kenal Rd. Andri Kurniawan saat di temui menjelaskan bahwa Adanya Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Pusat (TP4D) dan Daerah (TP4D) yang dilakukan oleh pihak Kejaksaan, dari mulai Kejaksaan Agung (Kejagung), Kejaksaan Tinggi (Kejati), sampai Kejaksaan Negeri (Kejari).

Saya lihat memang cukup efektif. Sehingga pelaksanaan realisasi anggaran, pembangunan serta program kerja Pemerintahan, dari mulai Eksekutif, Legislatif, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan lain sebagainya terlaksana dengan baik.

“Ini salah satu Keputusan dari Kejagung yang cukup efektif, berharap realisasi anggaran serta program pemerintah terlaksana dengan baik,” jelas Andri

Menurut Pemerihati Hukum dan Pemerintahan di Kabupaten Karawang ini menambahkan Hanya saja, mungkin fungsi TP4D berfungsi hanya pada dimensi Yuridis saja, berbeda dengan fungsi lembaga auditor, seperti Inspektorat, BPKP dan BPK. Dimana fungsi lembaga auditor masuk pada semua dimensi teknis dan keuangan, tetapi TP4D lebih fokus kepada antisipasi terjadinya Perbuatan Melawan Hukum (PMH).

Andri berharap dengan adanya TP4D, bukan berarti menjadi lemahnya penegakan hukum yang dilakukan oleh Kejaksaan, khususnya Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang. Sebab fungsi inti Kejaksaan adalah penegakan supremasi hukum atau eksekusi.

“Ya, walau pun fungsi pencegahan tetap ada. Pada dasarnya, saya selaku masyarakat berharap, fungsi pencegahan lebih efektif dari fungsi penegakan, artinya uang Negara yang bersumber dari masyarakat bisa aman,” kata Andri

Menurutnya walau pun penegakan hukum juga bisa memulihkan atau mengembalikan kerugian uang Negara. Namun, tetap saja ada uang Negara yang keluar, yaitu biaya perkara yang dikeluarkan, dari mulai proses penyelidikan, penyidikan sampai proses persidangan.

Pemerhati Hukum dan Pemerintah Rd. Andri Kurniawan menegaskan, agar Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang melakukan akselerasi dalam pengungkapan perkara-perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Apa lagi beberapa perkara yang sudah menjadi konsumsi dan opini publik dikalangan masyarakat Karawang. Jangan sampai publik Karawang menilai Kejari Karawang lamban dalam menuntaskan dugaan-dugaan Tipikor yang ada dilingkungan Pemkab Karawang.

“Salah satu contoh, yakni perkara Perusahaan Daerah Air Minun (PDAM) Tirtatarum Karawang. Persoalan tersebut bukan hanya menjadi opini publik saja, melainkan sudah menjadi reaksi publik, dengan adanya beberapa kali aksi unjuk rasa dari masyarakat Karawang ke Pemkab Karawang dan Kejari Karawang,” pungkasnya .( Ryan S Kahman)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here