Nikmatnya Jadi Tersangka Di Kabupaten Sidoarjo

0
455

SIDOARJO-Zonadinamika.com. Lemahnya hukum di Kabupaten Sidoarjo, menjadikan surga bagi mereka yang melawan hukum, seperti penyandang kasus pemalsuan ijazah yang di tetapkan menjadi tersangka sejak di kuatkannya dengan dua alat bukti pada tanggal 11/09/2015 tahun kemarin.

Hal itu disampaikan oleh Heru Sastrawan Koordinator Sidoarjo Forum setelah bertemu dengan Zaini Humas Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo pada hari Kamis (4/8/2016) lalu. Mendesak Majelis Hakim menjadikan terdakwa HM. Rifai’i Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo non aktif sebagai tahanan rutan (rumah tahanan).

Dimana saat ini tersangka berstatus tahanan kota yang sebelumnya telah dikeluarkan oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo, Heru Sastrawan juga menerangkan,“Mereka berdalih hanya meneruskan status tahanan kota dari Kejari Sidoarjo, dan siapa yang menjamin kalau terdakwa tidak akan melarikan diri atau menghilangkan barang bukti,” terangnya.

Lebih lanjut, Heru mengutarakan, ada upaya dari pihak-pihak terkait agar HM. Rifa’i tidak ditahan karena setelah 4 bulan tidak ditahan, maka terdakwa akan bebas dari segala tuntuntan.

“Karena dalam aturannya begitu, apabila setelah 30 hari pertama tidak dilakukan penahanan dan 30 hari kedua tidak juga dilakukan penahanan, kemudian 60 hari selanjutnya tidak juga dilakukan penahanan. Maka terdakwa harus bebas demi hukum,” terangnya.

Untuk itu, ia mendesak majelis hakim PN Sidoarjo agar segera menjadikan HM. Rifa’i sebagai tahanan rutan karena tuntutan hukumannya diatas 6 tahun penjara.

“Masa maling ayam aja jadi tahanan rutan, ini yang tuntutannya diatas 6 tahun hanya jadi tahanan kota,” pungkasnya. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here