Mark Up Anggaran, Eks Kepala DPKAD Sibolga di Jeblosin Dalam Penjarah

0
493

SIBOLGA,Zonadinamika.com. Penyidik Kejati Sumut resmi menahan mantan Plt Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Sibolga, Januar Effendi Siregar, Jumat (17/6).
Dia dikirim ke Rutan Tanjung Gusta, Medan, setelah diperiksa sebagai tersangka kasus penggelembungan pengadaan lahan rusunawa di Kota Sibolga.

“Untuk efektivitas penyidikan, tersangka kita tahan untuk 20 hari ke depan,” kata Kepala Seksi Penyidik (Kasidik) Kejati Sumut, Novan Hadian.

Novan memaparkan, Januar hadir pada panggilan kedua. Dia diperiksa mulai sekitar pukul 09.00 WIB dan ditahan sekitar pukul 11.30 WIB.

“Kita terus mengembangkan penyelidikan. Kita lihat nanti apakah ada pihak yang lebih bertanggung jawab,” pungkas Novan.

Sebelumnya, pada awal Desember 2015, Januar Effendi Siregar justru menantang supaya segera dimasukkan ke penjara. Dia berharap ditahan agar kasus tindak pidana korupsi membelitnya terbuka.

“Saya sudah dua tahun jadi tersangka. Saya minta ditahan. Dicincang pun saya, enggak akan lari. Saya minta ditangkap, mereka (jaksa) diam saja, mereka tidak mau,” kata Januar di PN Medan, Selasa (8/12/2015).

Ketika itu Januar berharap, setelah dia ditahan pelaku utama dalam kasus korupsi itu terungkap. Menurutnya, dia hanya bawahan, dan ada pihak lebih berkuasa yang harus bertanggung jawab.

Dalam perkara ini, Januar disangka terlibat mark up pengadaan 7.171 meter persegi lahan rusunawa di Kota Sibolga pada Tahun Anggaran 2012. Selain dia, Adely Lis yang merupakan rekanan, juga dijadikan tersangka. Mereka ditetapkan sebagai tersangka pada 2013 lalu dengan tuduhan menggelembungkan harga tanah dari Rp 1,5 miliar menjadi Rp 6,8 miliar.

Sebelumnya, Senin (13/6), Adely Lis lebih dulu ditahan. Dia juga dikirim ke Rutan Tanjung Gusta setelah diperiksa selama 5 jam sebagai tersangka.

Januar dan Adely Lis dijerat dengan Pasal 2 jo Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) KUHPidana. (adl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here