Upaya Kasasi Ade Swara-Nurlatifah di Tolak MA

0
558

Karawang,Zonadinamika.com – Perjuangan mantan Bupati Karawang Ade Swara dan istrinya, Nurlatifah agar mendapatkan keringan hukuman akhirnya kandas. Permohonan kasasi Ade Swara dan Nurlatifah ditolak Mahkamah Agung, Kamis (14/1). Alhasil, pasangan suami istri itu tetap menjalani hukuman selama 7 dan 6 tahun serta denda Rp 400 juta dan Rp 300 juta.

Anggota Majelis Hakim Kasasi, Krisna Harahap membenarkan, MA menolak kasasi Ade dan Nuraltifah karena terbukti telah melakukan tindak pidana korupsi, dan pencucian uang saat menerima uang dari Aking Saputra, CEO PT Tatar Kertabumi dalam rangka penerbitan Surat Persetujuan Pemanfaatan Ruang (SPPR). Majelis Hakim Agung itu juga telah menolak kasasi yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang mengharapkan agar uang sebesar 424.349 dolar AS
dikembalikan kepada PT Tatar Kertabumi. Sebaliknya, karena dianggap terbukti dibeli dengan uang hasil korupsi dan pencucian uang, maka majelis memutuskan jika aset Ade Swara dan istri berupa tanah dan bangunan di Jalan Pulo Raya Jakarta Selatan serta 5 bidang tanah, dirampas untuk negara.

Sementara itu, tuntutan Jaksa KPK agar hak Ade Swara dan Istri untuk dipilih menduduki jabatan publik dicabut, dipenuhi oleh majelis dengan pertimbangan. “Masyarakat harus dilindungi dari keserakahan para pejabat negara yang seharusnya mengayomi dan melayani rakyat,” katanya.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jawa Barat memvonis Ade Swara enam tahun penjara, dalam kasus dugaan pemerasan dan tindak pidana pencucian uang.
Vonis itu berkaitan dengan kasus dugaan pemerasan terkait dengan pengurusan izin SPPR PT Tatar Kertabumi, serta kasus dugaan tindak pidana pencucian uang. Pada persidangan itu dalam kasus yang sama, Nurlatifah divonis hukuman lima tahun penjara dengan denda Rp 300 juta subsider tiga bulan kurungan.(zd/rk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here