Jakarta – ZonadinamikaNews.com. Fokus memperluas penjualan produk menengah ke atas (Mid-High) dengan menyasar pertumbuhan pasar semi modern, produsen elektronik rumah tangga AQUA Japan terus melakukan penetrasi pasar melalui jajaran produk inovatifnya. Tahun ini, AQUA Japan akan menghadirkan produk dengan model terbaru sebanyak 55 SKU.

“Total akan ada 168 SKU atau 98 seri produk AQUA Japan yang akan bersaing di pasaran. Melalui produk-produk yang inovatif kami yakin akan mampu memberi hasil positif pada target sales AQUA Japan tahun ini,” kata President Director of AQUA Japan Indonesia, Kenji Sadayuki, saat acara Media Kick off 2019, Rabu (24/07/19), di Hotel InterContinental Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Strategi memperkuat pasar Mid-High melalui produk-produk inovatif, pada kuartal pertama 2019 terbukti sukses mendongkrak angka penjualan produk AQUA Japan. Di kuartal pertama 2019 angka penjualan produk AQUA Japan meningkat 29,4% dibanding kuartal yang sama pada 2018. Secara keluruhan, tahun ini AQUA Japan mengusung target peningkatan sales sebesar 28% dari 2018.

“Pada kuartal pertama 2019 pertumbuhan pasar produk elektronik di Indonesia meningkat 5,2%. Kami tentu berharap ini dapat menjadi awal yang baik untuk terus terjadinya pertumbuhan pasar yang positif selama 2019,” tutur Sadayuki.

Lebih lanjut Sadayuki mengatakan, pada 2018 target penjualan AQUA Japan tumbuh sebesar 28%. Untuk kontribusi terbesar berasal dari produk Cold Chain dengan peningkatan sebesar 88,9% dibandingkan 2017. Selanjutnya menyusul Air Conditioner (AC) dengan peningkatan sebesar 31,8%, dan lemari es dengan peningkatan sebesar 22% jika dibandingkan pada 2017.

“Di 2019 ini, kami optimis pasar untuk peralatan elektronik rumah tangga akan kembali meningkat. Untuk program, kami akan terus fokus untuk melakukan perluasan penjualan produk Mid-High, ini sesuai dengan tujuan kami untuk menjadi salah satu merek produk elektronik terkemuka di Indonesia. Untuk itu target pertumbuhan untuk penjualan produk Mid-High kami tahun ini sebesar 32,8%,” tegas Sadayuki.

Di satu sisi, Executive General Manager Sales Division AQUA Japan Indonesia, Fajar Surya mengatakan, dari sisi pemasaran selain tetap memperkuat pasar menengah ke atas, AQUA Japan juga akan fokus melebarkan sayap pemasaran di luar pulau Jawa, yaitu di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

“Kami juga akan meningkatkan layanan after sales service melalui program ‘2-1-7’, yaitu dua jam setelah request service diterima, kami akan langsung menghubungi konsumen. Servis hanya satu hari. Tidak ada pekerjaan yang tertunda dalam tujuh hari. Layanan ini tersedia di area yang terdapat Direct Service Center AQUA Japan,” jelas Fajar.

Produk Inovatif AQUA Japan 2019

Komitmen menghadirkan produk-produk peralatan rumah tangga dengan kualitas terbaik untuk masyarakat Indonesia, AQUA Japan tahun ini memperkenalkan produk inovatif dengan teknologi terbaru. Di antaranya lemari es AQR-305IM-IG dan AQR-355IM-IG yang dilengkapi teknologi 5 in Navi Cooling.

Tersemat teknologi Navi Cooling 5 in 1 Model, ruang pembeku atau freezer pada kulkas AQR-305IM-IG dan AQR-355IM-IG dapat berfungsi fleksibel sesuai dengan kebutuhan pengguna.

“Jadi pengguna dapat mengatur pendinginan sesuai dengan kebutuhan pendinginan bahan yang disimpan. Seperti misalnya, sedang butuh ruang lebih untuk menyimpan buah namun ruang pendingin (fridge) sudah penuh, maka ruang pembeku dapat digunakan untuk ruang pendingin. Tinggal menyesuaikan zonanya saja. Dari zona beku ke zona pendingin,” jelas Head of Product Planning Department AQUA Japan Indonesia, Meiriano Ullman.

Pada AQR-305IM-IG dan AQR-355IM-IG, lemari pembeku dapat digunakan sebagai ruang pendingin. Dapat juga menerapkan mode E-saving, dimana dengan mode tersebut pendinginan dapat tetap berjalan maksimal dengan watt yang rendah.

“Dapat juga di setting untuk zona Standar Freeze, yaitu untuk pembekuan standar, dapat mengawetkan makanan dan bahan makanan yang membutuhkan pengawetan dengan cara pembekuan. Lalu bisa juga dijadikan sebagi ruang Super Freeze, untuk membekukan dengan cepat, tetapi tetap mempertahankan nutrisi dan rasa. Tinggal disesuaikan saja navigasinya,” kata pria yang juga akrab disapa Rian tersebut.

Yang cukup unik, menurut Rian ruang pembeku juga dapat dijadikan ruang zona Snow Freeze. “Dengan fitur ini, pengguna dapat menyimpan milkshake atau es serut tidak jadi beku atau mencair,” jelas Rian.

Untuk pendingin ruangan atau AC, AQUA Japan akan menghadirkan produk premium AC AQA-KRV9WGW dengan teknologi Inverter Plus.

“Yang kami tawarkan bukan teknologi AC inverter biasa, tapi Inverter Plus, ada banyak keunggulan yang kami hadirkan pada AC AQA-KCR9WGW untuk konsumen,” kata Rian.

Rian menjelaskan, dengan teknologi Inverter Plus AC AQA-KCR9WGW mampu menghemat penggunaan listrik hingga 63% dengan kinerja yang maksimal. Proses pendinginan ruangan pun akan lebih cepat dari AC biasa.

Selain itu, dengan teknologi Inverter Plus hembusan udara AC akan lebih kuat dan jauh. Dapat mencapai jarak 12 m untuk AC 1,5 PK. Dengan adanya peningkatan pada desain kipas dan saluran udara AC pun mampu menghasilkan volume udara lebih besar.

AC AQA-KCR9WGW juga dilengkapi teknologi AQUA Fresh with Nano Silver Ion, yang menurut Rian, AC akan mampu membersihkan sendiri debu dan kotoran yang menempel di evaporator dan membunuh virus dan bakteri 99.9% sehingga selalu menghasilkan udara bersih dan sehat bebas dari debu, kotoran, virus, dan bakteri.

Di barisan produk mesin cuci, untuk konsumen Indonesia AQUA Japan di antaranya menghadirkan AQW-1201678QD dan FQW-120876QD. Pada AQW-1201678QD, AQUA Japan menyematkan teknologi 360 derajat Waterfalls.

Dengan teknologi 360 derajat Waterfalls hasil pencucian akan lebih maksimal. Aliran air pada mesin cuci saat beroperasi akan membentuk gelombang 360 derajat yang mampu membilas pakaian dengan cepat serta menghilangkan noda dan residu deterjen pada pakaian.

“Mesin cuci juga dilengkapi dengan DD Inverter Motor, yang akan menghemat penggunaan energi hingga 30%. Selain itu suara mesin cuci saat beroperasi juga sangat senyap, dan getarannya jauh lebih halus,” papar Rian.

Sedang untuk FQW-120876QD, mesin cuci ini memiliki kapasitas yang cukup besar dengan lebar drum 522MM. Mesin cuci ini juga dilengkapi dengan teknologi UV Function untuk hasil pencucian yang maksimal.

Berikutnya di jajaran televisi, AQUA Japan menghadirkan LE50AQT9600MU dengan teknologi Miracast. Teknologi ini memungkinkan gambar pada telepon pintar Anda dapat tampil di layar televisi. Mirroring, tanpa memerlukan adanya jaringan internet.

“Kalau untuk produk pembeku makanan kami punya chest freezer AQF-220FR. Pastinya hemat energi dan ramah lingkungan. Selain itu juga tersemat teknologi lainnya seperti 48 Hours Cooling Retention yang akan menjaga makanan tetap beku selama 48 jam meski dalam kondisi listrik tidak menyala,” jelas Rian.

Glenn Manengkei selaku Head of Marketing Department AQUA Japan Indonesia menambahkan, dari sisi promosi tahun ini AQUA Japan dengan mengusung campaign “Home Is Where Happiness Is” & “Extraordinary Family” akan memberi nilai kebahagiaan lebih bagi keluarga Indonesia.

“Produk AQUA Japan dibuat untuk membawa kebahagiaan untuk keluarga, apa pun kepribadian mereka. Dengan teknologi dan kualitas Jepang akan selalu hadir untuk menemani setiap aktivitas dengan keluarga,” tutup Glenn. (dms/fentya/adv*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here