Blora-ZonadinamikaNews.com.Untuk Menjaga Kualitas bahan makanan/minuman serta memantau perkembangan harga sembako, Polres Blora Gandeng instansi terkait guna melakukan pengecekan produk pangan di wilayah Kabupaten Blora.

Jumat, ( 10/05/2019) Kapolres Blora AKBP Antonius Anang,S.I.K.,M.H pimpin langsung  tim gabungan Polri, Dinas Kesehatan, Disperindag, serta Dinas Pertanian dan Perijinan Kabupaten Blora Untuk mengecek produk pangan di sejumlah supermarket di Blora.

Adapun sidak dilakukan di Supermarket Luwes dan juga Alfim Swalayan. Dalam kegiatan tersebut tim gabungan yang dipimpin Kapolres mengecek langsung produk pangan, seperti makanan/minuman serta berbagai produk kue basah maupun kue kering.

Ida firmala, ( 26 ) Supervisor Luwes Area Blora mengaku kaget saat tiba tiba Tim gabungan masuk ke supermarket dan melakukan pengecekan barang dagangannya. Dia pun langsung mendampingi tim dalam pengecekan tersebut. “Sempat kaget dengan kedatangan Tim dari Polres dan Instansi terkait, ternyata melakukan pengecekan produk pangan di Luwes.” Ucap Mala.

Kapolres Blora AKBP Antonius Anang S.I.K.,M.H mengungkapkan bahwa pihaknya bersama tim memang sengaja tidak memberitahukan perihal Sidak yang dilakukan.”Sengaja tidak kami beritahu, dengan maksud dan tujuan agar benar benar di ketahui situasi dan kondisi di lapangan seperti apa.” Ungkap Anang.

Kapolres membeberkan bahwa kegiatan ini akan terus dilaksanakan sampai idul fitri 2019 nanti, dengan tujuan untuk memastikan bahwa produk pangan yang di jual dipasaran betul betul aman di konsumsi masyarakat luas, selain itu juga untuk memantau perkembangan harga pangan di bulan puasa dan jelang Lebaran.

Dalam Kegiatan Tersebut Tim Gabungan Menemukan beberapa Produk yang kemasannya rusak dan masih ada Pembagian/ Pengeceran kemasan Bahan makanan/minuman tanpa di lebeli masa kadaluwarsa.
Selain memantau produk dagangan di display, tim juga blusukan ke gudang, guna mengecek tempat penyimpanan stok bahan pangan.

Sementara itu Kasi Farmakes Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Nanik ,S.Km.,M.Kes  Menyoroti gudang penyimpanan yang masih Kurang memperhatikan kesehatan, dimana Peletakan bahan makanan/minuman di lantai keramik langsung, tanpa di alasi palet sehingga dapat mencemari bahan makanan/minuman tersebut.

” Seharusnya dalam gudang penyimpanan produk pangan, jangan di lantai keramik langsung, namun harus di alasi dengan palet, sehingga produk pangan tidak tercemar.” Ucap Nanik.

Lebih lanjut nanik membeberkan bahwa selama kegiatan sidak di dua tempat, yakni di Supermarket Luwes dan Alfim Swalayan tidak ada temuan yang berarti. Namun demikian Nanik mengingatkan kepada Supervisor agar selalu mengutamakan Pelayanan kepada konsumen, termasuk memperhatikan segi kesehatan. “Tolong perhatikan konsumen, karena tanpa konsumen anda tidak ada apa apa nya”. Ucap Nanik Kepada Supervisor Luwes.
(agung).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here