KSU Muamalah Pailit,Nasabah Gigit Jari

0
405

PEMALANG – Zonadinamika.com. Setelah berkiprah sekitar 18 tahun,KSU (Koperasi Serba Usaha) Muamalah yang beralamatkan di kios pasar Bantarbolang,kini telah dan terlihat pailit.Pasalnya,kantor pusat kini terlihat sudah tidak ada aktifitas dan spanduk yang sebelumnya terpasang,sekarang sudah tidak ada.Disinyalir,telah pindah lokasi.

Saat dikonfirmasi oleh Zona Dinamika,salah satu staff kantor yang bernama Nunung,enggan berkomentar panjang dan dirinya tidak setuju kalau KSU Muamalah di samakan dengan kasus KSP (Koperasi Simpan Pinjam) Pandawa,beberapa waktu lalu.”Wah saya nggak mau komentar panjang lebar pak,takutnya salah,mendingan tanya sama ibu ketua saja.Dan yang jelas kita nggak mau kejadian ini disamakan dengan Pandawa”.Ungkapnya,sambil tersenyum dan enggan berkomentar lebih panjang.

Di tempat dan waktu yang berbeda pula,Zona Dinamika berusaha mencari data dan keterangan lebih lanjut pada sekretaris KSU Muamalah M.Sodhik dirumahnya.”Keterangan yang lebih jelas sama bu ketua saja,saya nggak berani memberikan keterangan,takutnya salah”.Jawabnya singkat,sembari menuju ke Mushola,terkesan sengaja menghindari pertanyaan yang akan diajukan pada dirinya.

Sebelumnya,Zona Dinamika telah berusaha menyambangi kantor pusat dan langsung ke kediaman Sri Muawanah,SH selaku manager KSU Muamalah.Sayangnya,beberapa kali usaha konfirmasi yang Zona Dinamika lakukan menemui jalan buntu.Sang ketua,tidak berhasil ditemui untuk dimintai keterangannya.

Disisi lain,ketika Zona Dinamika berhasil mewawancarai Umamah sebagai salah satu korban akibat pailitnya KSU Muamalah,memaparkan bahwa dirinya beserta anggota keluarga yang lain juga menjadi korban.”Saya,suami saya,anak-anak saya juga menabung di KSU Muamalah,tapi kemarin-kemarin waktu saya mengambil uang tabungan nggak bisa.Setelah saya desak,akhirnya karena saya tetangga dekat dan masih saudara ya mau nggak mau dikasih juga,tapi di cicil”.Paparnya,dengan nada dan terlihat kecewa.

Diketahui,berdasarkan info yang di dapatkan Zona Dinamika di lapangan,bahwa KSU Muamalah yang beralamat di kios pasar Bantarbolang Kecamatan Bantarbolang.Pada saat itu,beberapa nasabah berniat mengambil uang di rekening tabungan masing-masing,namun sayangnya tidak bisa diambil,dengan alasan dari pihak KSU Muamalah,bahwa uangnya belum ada.

“Setahu saya,ada beberapa nasabah yang mengadu ke saya bahwa ketika mereka berniat mengambil uang tabungan di KSU Muamalah tidak bisa,sampai sekarang”.Tutur AKJ,tokoh masyarakat setempat.Ironisnya,setelah belasan tahun berkiprah,pihak KSU Muamalah terkesan latah dengan adanya kasus KSP Pandawa yang telah merugikan nasabahnya hingga trilliunan rupiah.

Berdasarkan beberapa info,data dan hasil wawancara Zona Dinamika di lapangan.Atas kejadian tersebut,para anggota atau nasabah KSU Muamalah mengalami total kerugian sedikitnya sekitar Rp.500 juta hingga Rp.1 Milliar.(SatriyoAdie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here