Kemendes Kucurkan Dana Rp1,5 M. Buat Wana Wisata Migas Kedungpupur Blora

0
424

BLORA – Zonadinamika.ccom. Sekeretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT),menjanjikan suntikan anggaran dalam upaya pengembangan kawasan wisata Kedungpupur di kawasan Hutan Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Jawa Tengah, sebesar Rp1,5 Milyar. Hal itu sebagai wujud dukungan dari pihak kementrian sebagai upaya mensejahterakan masyarakat melalui pengembangan potensi wisata.

Sekretaris Jenderal Kemendesa PDTT, Anwar Sanusi, mengatakan destinasi wisata kedungpupur sangat menarik buat wisatawan, terlebih masih alaminya alam tentu wisatawan ketika datang kesini akan sangat senang.

“ Kalau semangat para stekholder nantinya ada tentu akan menjadikan daerah ini menjadi destinasi yang luar biasa dan bisa menjadi wisata edukasi bagi masyarakat” kata Anwar Sanusi dalam kunjungan kerjanya di Wana Wisata Migas Kedungpupur, Desa Ledok Kecamatan sambong. Sabtu (20/5).

Menurtunya desa ledok memiliki potensi yang luar bisa terutama berbasis wisata. Tak hanya dari wisata alam, namun desa ledok juga bisa di jadikan wisata sians bagi masyarakat di lapangan yang sangat bermanfaat bagi siswa sehingga mampu bisa memberikan kekayaan psikomotorik yang biasa di peroleh di sekolah.

“ disini siswa dan masyarakat bisa tahu bagai mana cara explorasi minyak dan bagai mana cara merawat hutan terlebih di sini dekat wisata minyak dan wisata alam” Imbuhnya.

Anwar sanusi menambahkan dalam pembangunan distinasi yang sudah ada inu tentu di perlukan beberapa dukungan yang di atarannya cara dukungan yang diberikan dalam pengembangan wisata tersebut. Yang pertama, dukungan yang sudah ada, yakni mengarahkan penggunaan Dana Desa (DD), dan dukungan yang bersifat afirmatif yaitu dalam bentuk dukungan kepada Pemerintah Daerah.

“untuk mengembangkan wilayah ini kementrian desa aan membantu dengan dana insentif dana Rp1,5 Milyar untuk pengembangan wisata di Desa Ledok ini,” Terangnya

Pihaknya menjelaskan dana tersebut akan bisa bertambah jika pengembangan daerah wisata sudah berjalan dan sudah terlihat dalam pengembangannya dengan mengajak kementrian kementrian lain dalam pengmebangan desa wisata.

“Selain dari kementrian Pedesaan sendiri, nanti juga bisa melalui kementrian lain dalam rangkan pengembangan wisata itu sendiri,” ujarnya.

Sementara, Arief Rohman, wakil Bupati Blora, menyatakan,apresiasi dengan kesematan sekjen kemendes yang menyempatakan datang keblora untuk memberi arahan bagi masyarakat dalam mengembangkan potensi wisata yang ada.

“ Kami akan mengembangkan pilot project untuk mengembangkan destinasi wisata yang ada, dan salah satu percontohan adalah kedungpupur ledok ini” Jelasnya.

Arief menambahkan untuk pengembangan wisata kedungpupur bakal terealisasi tahun ini bersama dengan realisasi program Corporate Social Responsibelity (CSR) dari Pertamina EP Asset 4 Field Cepu sebesar Rp500 juta.

“Kami berharap, dengan kerjasama bersama steakholder pengembangan wisata minyak dan wisata alam ini bisa terlaksana. Terlebih sudah mendapat arahan dan bantuan dari Kemendes. Sehingga manfaatnya nanti bisa kembali ke masyarakat dan untuk kesejahteraan masyarakat,” terangnya.(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here