Bupati Belu; Permasalahan Raskin Akan Segera Diatasi, Masyarakat Harus Tanam Ubi Ungu

0
421

ATAMBUA,NTT-Zonadinamika.com, Sejak bulan Agustus 2016, Realisasi raskin Kabupaten Belu di Kantor Badan Urusan Logistik (Bulog) Atambua  masih dalam angka 0% (nol persen), Oleh karena itu, Bulog meminta agar Bupati untuk segera mengeluarkan surat Realisasi Beras Raskin.

Dalam jumpa Pers, (Kamis,13/10/16) diruangannya Bupati Belu menjawab bahwa keterlambatan tersebut dikarenakan persoalan Anggaran, sebab saat ini harus dianggarkan dari APBD 2015, dan sementara menunggu perubahan pada tahun 2016 didalam perubahan anggaran, dan juga ada selisih 2 miliyar lebih dan dalam penetapan anggaran nanti pemerintah akan segera membayar ke Bulog,” Kata Willy Lay.

Bupati Belu Wilybrodus Lay juga menjelaskan bahwa permasalahan mengenai realisasi Beras Raskin akan segera diatasi. Bupati juga mengatakan bahwa proses penganggarannya menunggu perubahan APBD 2016.

“pemerintah akan segera menyelesaikan permasalahan beras raskin,” Kata Wily.

Menurut Willy bahwa masyarakat yang akan menerima Beras Raskin, diharapkan melaksanakan program padat karya sebagai syarat yakni dengan menanam Ubi Ungu guna mengantisipasi gejala El Nino.

“Masyarakat bisa terima beras raskin dengan syarat tanam ubi ungu,” Kata Wily Lay.

Dalam perubahan anggaran juga, Bupati Belu akan menganggarkan bibit nenas untuk dibudidayakan oleh masyarakat. Menanam Nenas, tujuannya untuk merebut pangsa pasar ke negara timor leste, sebab menurut Bupati, bahwa nenas merupakan makanan favorit yang sering dikonsumsi di Negara Timor Leste dan hal ini harus dilihat sebagai peluang usaha.

Untuk Ubi Ungu dan Nenas, bisa dibuat Usaha Kecil Menengah dalam bentuk kripik ubi ungu dan Nenas bisa dijadikan selai nenas yang nantinya akan dijual ke daerah lain bahkan ke Negara Timor Leste. (Julian).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here