Perindagkop Dogiyai Meminta Dana Pusat Untuk Pembangunan Pasar

0
551

DOGIYAI,PAPUA –Zonadinamika.com. Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disprindagkop) Kabupaten Dogiyai,Papua meminta dana pusat untuk membangun kawasan Pasar sebagai pusat perdagangan bagi pasar rakyat modern.

Kepala Disperindagkop Kabupaten Dogiyai Andreas Gobay Selasa, (05/09/2016) diruang kerjanya ketika diwawancarai wartawan media ini  menyatakan, untuk membangun Pasar menjadi pasar rakyat modern diperlukan dana sangat besar hingga perlu bantuan pemerintah pusat.

“Disperindagkop sudah mengajukan proposal tahun depan 2016 ke Kementerian Perdagangan RI untuk meminta bantuan pembenahan total pembagunan Pasar,” ujarnya

Jadi, Pasar lama yang merupakan pasar sangat strategis ini bisa mulai dibenahi tahun 2017 mendatang,” harap Gobay

Kata dia,pasar yang ada sekaran di pusat kota kabupaten Dogiyai musti membenahi karena, tempat strategis dan di tengah Kabupaten yang ada di wilayah Meepago.

Ia meyakini, pemerintah pusat akan bisa membantu pembangunan menyeluruh Pasar , sebab kepemimpinan Presiden Jokowi-JK ini sangat memperhatian keberadaan pasar tradisional atau pasar rakyat.

“Sekarang inikan pemerintah kabupaten Dogiyai terus berupaya melakukan pembebasan lahan dan bangunan di sekitar pasar itu,” ujarnya.

Menurutnya, pembenaan Pasar Sentral yang berada di jantung kota Dogiyai ini baiknya ada bantuan dari pemerintah pusat maupun provinsi. Sebab kata dia ,pemerintah provinsi Papua juga perlu di bantu dana pengembangan komoditi unggulan yang ada daerah ini,”ujarnya

“Dikabupaten Dogiyai banyak komoditi unggul yang perlu kita diangkat seperti Kopi,umbi-umbian dan sayur-sayuran. untuk itu, kepala perindagkop berharap pemerintah Provinsi Papua juga wajib membantu dana,”ucapnya mantan ketua AMPTI itu.

“Pasar sentral ini adalah aset pemerintah daerah yang sangat berharga, maka itu,pemerintah daerah kabupaten Dogiyai perlu perjuangan pembangunan pasar, sehingga usaha kecil dan menengah akan meningkat,” bebernya.

Sementara itu, salah satu staf disperindagkop Yohanes Goo menyatakan, pemerintah kabupaten Dogiyai sudah berkomeitmen akan melakukan pembenahan Pasar yang terletak di Tokapo distrik Kamu secara total dengan berencana memperluas.

“Kita harap tahun ini pembebasan lahan di wilayah Pasar itu tidak gagal lagi, sehingga kita minta dukungan semuanya, terutama warga sekitar pasar demi kemajuan pasar itu sendiri,” ungkapnya.

(Martinus Pigome)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here