Bupati Sergai : Jadikan Pertanian Sebagai Sektor Prioritas Dukung Swasembada Pangan

0
767

TELUK MENGKUDU-Zonadinamika.com. Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mempunyai potensi cukup besar untuk mengembangkan usaha dibidang pertanian, dengan luas lahan sawah kurang lebih 39.191 ha yang terdiri sawah beririgasi 33.005 ha dan tidak beririgasi 6.186 ha.  Dengan demikian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai merupakan salah satu lumbung beras di Provinsi Sumatera Utara. Produksi beras dari tahun ke tahun terus meningkat menurut angka sementara tahun 2015 produksi beras yang dicapai sebesar 256.202 ton dan swasembada/surplus beras sebanyak 172.655 ton. Untuk itu Pemkab Sergai menempatkan sektor pertanian menjadi salah satu sektor prioritas pembangunan disamping sektor lainnya.

Permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam upaya meningkatkan pembangunan pertanian kedepan semangkin berat, hal ini karena adanya alih fungsi lahan sawah dan masih terbatasnya sarana prasarana infrastruktur dan penerapan teknologi pertanian, kondisi perekonomian global dengan semakin terbukanya pasar ASEAN melalui MEA, perubahan iklim, peningkatan jumlah penduduk, aspek distribusi, pemenuhan pangan dan bahan baku idustri serta bencana alam sehingga kita harus lebih berperan aktif dalam pembangunan pertanian dan mengembangkan potensi daerah.

Hal ini disampaikan Bupati Ir H Soekirman pada acara penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) pra panen handtraktor, rice transplanter dan pompa air kepada Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Sergai bertempat di lapangan bola kaki PT. Socfindo Kebun Matapao Desa Matapao Kecamatan Teluk Mengkudu, Jumat (12/8).

Turut hadir dalam acara anggota DPR RI Sofyan Tan, Anggota DPRD Sergai, Staf Ahli Bupati Ir. Mega Hadi, Kadis Pertanian dan Peternakan Ir. H. Safarudin, Camat Teluk Mengkudu Misran SE dan Muspika, para Kepala Desa, Poktan penerima bantuan dan undangan.

Lebih lanjut Bupati Soekirman mengatakan pada tahun 2014 yang lalu oleh Bapak Presiden Jokowi telah mencanangkan Indonesia swasembada beras, jagung kedelai, gula dan daging pada tahun 2017. Untuk itu kita harus mendukung upaya pencapaian swasembada pangan tersebut dengan memberhasilkan program upaya khusus padi, jagung, kedelai di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

Bupati Soekirman juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Menteri Pertanian RI telah memberikan bantuan handtraktor 39 unit, rice transplanter 2 unit dan pompa air 3 unit melalui penjaringan aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada anggota DPR RI yang telah memberikan perhatian atas kebutuhan masyarakat dan petani di Kabupaten Sergai.

Diakhir sambutan Bupati berpesan kepada kelompok tani penerima bantuan handtraktor dan pompa air agar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan kelompok, bukan pribadi serta tidak disalahgunakan. Untuk itu kepada para PPL diharapkan dapat melakukan pendampingan dan pembinaan kepada kelompok tani penerima bantuan sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh anggota Kelompok Tani, pungkas Ir. H. Soekirman.

Sementara itu anggota DPR RI Sofyan Tan mengatakan bantuan handtraktor, rice transplanter dan pompa air yang diserahkan ini merupakan upaya pemerintah untuk mendukung upaya khusus dan percepatan tanam menuju swasembada pangan salah satunya untuk mengatasi dampak kekeringan di saat musim kemarau. (J.Irwan Syahputra.Silitonga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here