Bupati Belu Panen Pepaya Kalifornia di Desa Naekasa

0
495

ATAMBUA-NTT-Zonadinamika.com, Bupati Belu melakukan Panen Perdana Pepaya Kalifornia di Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu didampingi Pater Frans dan Pater Tarsi pemilik lahan tanah misi, bersama kelompok tani dan Dinas Terkait, Senin (01/8/16).

Pemerintah Kabupaten Belu merespon para petani yang mau bekerja keras sebab belu punya potensi dalam bidang pertanian
Pepeya jenis kalifornia yang terdapat di desa Naekasa, kecamatan tasbar dengan luas lahan mencapai 1,5 Ha yang berhasil telah mencapai 1.600 pohon dengan pembiayaan dana kementrian, kelompok tani Pelita kasih telah menanam jenis pepaya kalifornia sebanyak 1.600 pohon dengan jarak tanam mencapai 2 meter dan masa panen 7 bulan dalam setiap 3 minggu panen, hingga siklus untuk bertahan hidup mencapai 3 – 4 tahun maka produksinya akan menurun.

Bupati Belu, Wilibrodus Lay dalam sambutannya memberikan respon yang besar bagi masyarakat yang telah berusaha dan bekerja keras sebab belu punya potensi untuk bertani, jika masyarakat mau bekerja keras pasti tidak akan terjadi TKI yang keluar merantau atau bekerja di malaysia dan kalimantan dari wilayah belu akan berkurang.

“PPL dan Mantri Tani bisa mengajarkan kepada masyarakat bagaimana cara membuat pupuk kompos sehingga masyarakat belajar untuk mandiri dalam bertani,” Kata Wily Lay.

Pemerintah akan terus mendorong kalau bisa partisipasi masyarakat lebih aktif jika pemerintah aktif masyarakat tidak aktif maka pembangunan tidak akan berjalan karena yang dapat melaksanakan pembangunan tanam menanam ini dari masyarakat dan pemerintah membantu dengan menyiapkan bibit,” tandasnya. (Nus Feka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here