Rotan Harus Berkembang Karena Merupakan Kekayaan Alam

0
543

KALIMANTAN TENGAH. Zonadinamika.com. Rotan merupakan harta alam yang sangat berlimpah ruah dan merupakan salah satu aset yang sangat berharga bagi masyarakat khususnya Kalimantan tengah,

Hampir dari setiap kabupaten sekalimantan tengah pasti akan dijumpai yang namanya rotan.
Berbagai ragam kerajinan yang bisa dihasilkan dari Rotan seperti kursi,tikar, lontong,lemari, gelang, meja hingga tas pinggang pun bisa dijadikan dengan sulap berbahan rotan tersebut dengan berbagai motif yang menarik dan lebih utama lagi rotan salah satu produk yang ramah lingkungan.

Rotan pun tidak kalah dengan produk modern yang semakin pesat baik dalam bentuk seni dan model pembuatan kerajinan rotan tersebut, akan tetapi karena sering anjloknya harga pasar rotan maka masyarakat Kalimantan tengah yang mempunyai keahlian dalam bidang kerajinan rotan tersebut banyak berpindah haluan mencari pekerjaan yang lain.

“ Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan No. 33/M-DAG/PER/7/2009 tanggal 28 Juli 2009 ”Permendag No.33/2009” dan telah mengubah Permendag No. 12/M-DAG/PER/6/2005 tanggal 30 Juni 2005 tentang Ketentuan Ekspor Rotan ”Permendag No.12/2005”.

Sayangnya, kebijakan pemerintah hanya merevisi Volume Rotan Asalan dan Rotan Setengah Jadi Yang Dapat Diekspor.
Yang lebih baiknya apabila kebijakan itu tidak melarang ekpor bahan baku, apalagi jaman sekarang telah banyak produki rotan sintesis baik berupa kursi dan kerajinan lainnya sehingga pengrajin rotan banyak mengeluh itu awal dari kemunduran prospek rotan tersebut.

Akan tetapi dunia rotan tetap harus berkembang karena rotan merupakan kekayaan alam yang berlimpah dan bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, saya juga berharap semoga pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah lebih peduli dengan produk rotan karena itu juga bisa mengurangi tingkat pengangguran khususnya masyarakat kecil “ .papar Sarwepin Ketua kolaborasi peduli pengusaha rotan ramah lingkungan Kalimantan tengah Ketika diwawancara zonadinamika (Slimn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here