6 Kecamatan di Belu Alami Kekeringan

0
766

Atambua, NTT – Zonadinamika.com, Gejala El nino yang melanda Wilayah Indonesia Bagian Timur menjadi penyebab dari kekeringan yang terjadi di beberapa wilayah yang berakibat pada gagal tanam di berbagai daerah khususnya di Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Belu terdapat sebanyak 6 Kecamatan yang mengalami kerusakan tanaman; diantaranya Kecamatan Kakuluk Mesak, Tasifeto Timur, Kota Atambua, Lamaknen, Nanaet Dubesi, Raimanuk, Tasifeto Barat, Atambua Barat dan Lamaknen Selatan.

Data yang dihimpun dari Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Belu, sebanyak 26.438 Jiwa penduduk yang tersebar di enam Kecamatan menjadi korban dari bencana kekeringan, masyarakat mengeluhkan kekurangan air akibat tidak adanya curah hujan yang merata sehingga tanaman petani mengalami gagal tanam.

Tanaman yang mengalami gagal tanam tersebut yakni; Padi, Jagung, Ubi Kayu dan Ubi Jalar yang mengalami kerusakan Padi – Ha, Jagung 791 ha (9%), Ubi Kayu 106 Ha (6%), Ubi Jalar 5 Ha (3%).

Upaya yang dilakukan oleh Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Belu yakni hingga saat ini belum ada intervensi, hanya baru dilakukan investigasi pada setiap desa-desa di 6 Kecamatan tersebut. (Yulianus Feka).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here