Penyalahgunaan KJP Sama Dengan Kejahatan Perbankan

0
641

bank dkiJAKARTA,Zonadinamika.com.  Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, geram banyaknya penyalahgunaan terhadap Kartu Jakarta Pintar (KJP). Dengan tegas Ahok, sapaan Basuki, ingin segera pihak kepolisian mengusut dan menjerat pelakunya.

“Saya minta hari ini langsung lapor polisi saja. KJP digunakan untuk belanja di luar yang ditentukan,” kata Basuki di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (3/8).

Ahok ingin agar Polda Metro Jaya turun langsung melakukan penyelidikan terkait penyalahgunaan KJP. Sebab menurut Ahok, dana khusus untuk tunjangan pendidikan tersebut menjadi tindak pidana jika diselewengkan.

“Saya mau orang-orang (penyalahguna KJP) ini dilacak dan digugat ke Polda Metro Jaya,” tuturnya.

Ahok menegaskan bahwa dari dulu dia sudah merencanakan akan menindak orangtua murid yang menyelewengkan dana. Maka dari itu program KJP sengaja dibuat bekerjasama dengan Bank DKI. Dengan kerja sama itu, kata dia, pelanggar ketentuan akan dijerat pasal kejahatan perbankan.

“Kenapa saya minta ATM Bank DKI sebagai kartu pengenal? Agar kami bisa gugat ke penjara. Karena memakai ATM milik orang itu kejahatan perbankan,” tegasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Pemprov DKI menemukan transaksi KJP di beberapa toko yang tidak menjual keperluan pendidikan. Beberapa toko tersebut seperti karaoke, toko mas, restoran, SPBU, dan toko elektronik. Nilai penukaran uang KJP mencapai Rp 700 ribu.(pan)

 

 

sumber:merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here