IPDMIP Mendukung Program Swasembada Pangan Berkelanjutan Di Kecamatan IDI Tunong

0
115

IDI Tunong -Zonadinamikanews.com- Balai Penyuluhan Pertanian Kec. Idi Tunong mengadakan SL IPDMIP tahap II Desa Seunebuk Jalan Kecamatan Idi Tunong Kabupaten Aceh Timur , untuk pelatihan penyegaran penyuluh Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP).

Pelatihan ini adalah bentuk integrasi partisipasi pertanian yang melibatkan PenyuluhPertanian Idi Tunong, Sosialisasi pelatihan kelompok Tani yang bekerjasama dengan kelompok tani dan semua pihak yang terkait baik di dalam dan sekitar daerah irigas untuk mendukung program swasembada pangan berkelanjutan.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, Sumber Daya Air mengemban tugas terkait irigasi . Selain Itu Di tertuangkan dalam Peraturan pemerintah juga berkewajiban mencapai target Rencana Kegiatan Pemerintah (RKP) yaitu membangun Untuk mencapai target tersebut, pemerintah membutuhkan dana yang besar baik SDA dengan bantuan dana hibah dari ADB telah menyusun program IPDMIP, dengan fokus pada peningkatan produktivitas pertanian beririgasi meliputi sekitar Kabupaten Aceh Timur. Program ini diharapkan akan mulai dilaksanakan pada tahun 2019 Yang Lalu hingga 2020 Ini, Dan diharapkan melalui kegiatan IPDMIP bisa memberikan manfaat pada peningkatan nilai dan keberlanjutan irigasi pertanian sehingga mencapai sasaran, yaitu peningkatan ketahanan pangan dan pendapatan masyarakat perdesaan di kecamatan Idi Tunong.ungkap Muhsen.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi para penyuluh pertanian dan petugas lapangan lokasi irigasi, pelu dibekali dengan pelatihan penyegaran bagi penyuluh di lapangan, Kelompok Tani di kecamatan Idi Tunong akan dilatih di Kembali agar program IPDMIP dapat berjalan dengan baik sebagai langkah tepat dan cepat untuk mendukung program swasembada pangan berkelanjutan. (TIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here