Masyarakat Gumarang I Kembali Melanjutkan Merintis Jalan Melalui Gotong Royong

0
96

GUMARANG – Zonadinamikanews.com,Setelah dikerjakan pembukaan dan merintis jalan usaha tani Padang Malelo Jorong Gumarang I Nagari Tigo Koto Silungkang kecamatan Palembayan kabupaten Agam, sepanjang 2 Km, dan sudah terbuka sepanjang 259 meter, serta mendapat tanggapan dan support dari Dinas Pertanian kabupaten Agam, masyarakat Gumarang I kembali melanjutkan penambahan merintis jalan melalui gotong royong minggu ke lima, Minggu (26/7) di Gumarang.

Demikian disampaikan koordinator pengurusan jalan usaha tani Padang Malelo Jorong Gumarang I Hendriko dan Andriati Meili, saat melaporkan ke Nagaripost melalui telepon selulernya yang dikirim bersama dokumen kegiatan goro di Gumarang Nagari Tigo Koto Silungkang Palembayan.

Kita masyarakat Jorong Gumarang I terutama kelompok tani tetap berupaya membuka jalan produksi perkebunan Padang Malelo bisa segera ada dan bermanfaat bagi masyarakat sebagai jalan utama keluar masuk kebun dan sawah ladang mereka.

Terkait peninjau dari Dinas Pertanian kabupaten Agam minggu yang lalu Kabid PLA Yasriandi, ST, telah menjanjikan untuk diteruskan jalan produksi perkebunan Padang Malelo ini dimasukkan dalam àngaran tahun 2021, dari dana APBD Agam, dan juga diharapkan perawatan dan perbaikan dari dana nagari atau dinatur.lain yang tidak mengikag, katanya.

Proposal telah diajukan, sudah masuk dalam daftar tunggu dan e-proposal, tambah, Hendriko dan Andriati Meili.

Bila jalan usaha tani terbuka akan dapat diolah lahan seluas 250 Ha dengan pemanfaat ruas jalan sebanyak 175 KK. Makanya kita minta kepada pemerintah untuk bisa membantu percepatan membuka jalan produksi perkebunan Padang Malelo.

Dibukanya jalan baru ini adalah meringankan para petani kita yang membawa hasil ladang bila panen. Dimana hasil panen mereka bawa digotong dengan menjujung dengan kepala, untuk dipindahkan ke gerobak, setelah itu baru dibawa dengan mobil. Hal ini menyebabkan menurunnya harga pasaran, termasuk padi dan sawit

Kita sangat kasihan dengan warga masyarakat Jorong Gumarang I yang membawa hasil taninya cukup jauh sampai 3,5 Km baru sampai didekat mobil barang, dipinggir jalan. Makanya kita berupaya membuka jalan lingkar ini sepanjang 2 Km dengan lebar 2,5 Meter, yang diperkirakan kendaraan bisa masuk sampai kelokasi saat panen hasil tani. Demikian ditambahkan Andriati Meili selaku sekretaris. ( Zona- Yns )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here