Cegah Erosi, Balai Provsu Bangun TPT Gunakan Semen Cor Toba Beton di Sigumpar

0
80

Tobasa- Balige – ZonadinamikaNews.com.Akibat semakin terkikisnya badan jalan pedesaan di Desa Situatua, Kecamatan Sigumpar membuat Balai Sungai Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) turun tangan.

Sepanjang sekitar 100 meter dinding jalan itu dibangun Tembok Penahan Tanah (TPT) dengan cara melakukan pencoran.

Besi dengan ukuran sekitar 16 mm dijalin dibagian bawah yang berfungsi sebagai pondasi dengan luas penampang sekitar 150 cm, dan dibagian tengah, besi dengan ukuran yang sama tampak berdiri berjejer hingga ujung pekerjaan.

“Seluruhnya akan dicor menggunakan semen cor dari Toba Beton,” sebut A Samosir di lokasi, Jumat (8/11/2019).

A Samosir, yang merupakan seorang pejabat dari Dinas Prasarana Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kabupaten Toba Samosir menyebut pekerjaan TPT itu merupakan proyek dari Balai Pemprovsu.

“Dinas PUPR Tobasa disini hanya diperbantukan sebagai pengawasan saja. Ini murni gawean dari provinsi,” sebutnya.

Dirinya mengharap, dengan dibangunnya TPT itu, masalah erosi yang diakibatkan derasnya aliran air di sungai Aek bolon yang kerap mengikis badan jalan itu, kini teratasi sudah.

Sementara itu, H Simangunsong, warga sekitar tampak memberi apresiasi kepada pemerintah atas dibangunnya TPT itu.

“Selama ini, kami cukup khawatir sebab sewaktu waktu bila hujan deras turun di hulu, jalan ini bisa ambruk yang bisa mengakibatkan  rumah yang berada persis disisi kiri jalan terkena dampak,”

“Syukurlah sekarang sudah diperbaiki. Doa kami sudah terkabul,” ujarnya diaminkan beberapa warga lainnya yang asyik memperhatikan pelaksanaan pekerjaan itu. (JP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here