Perayaaan Hari Waisak 2563 BE/2019 M Di Candi Jiwa Desa Segaran

0
163

Karawang,Jawa barat – zonadinamiakanews.com Peringatan Hari Puja Bakti Waisak 2563 BE (buddhist Era) 2019 M (Masehi) di Candi Jiwa dan Blandongan Desa Segaran Kecamatan Batujaya kabupaten Karawang, Minggu (16/07/6/2019).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bupati Karawang di wakili Kementrian Agama H. Sopian, S.Pd. I.,M.S. Kapolsek Batujaya AKP.H. Edi Karyadi, Koramil Batujaya Infantri Kusnen, Kepala Dinas Disbudpar Okih Hermawan, Camat Batujaya Rohman Setiansyah dan para undangan umat Buddha kurang lebih 1000 Umat Budhha. Minggu (16/6/2019).

Berjalan Penuh dengan Khidmat dari pukul 09.00 pagi, walupun diiringi teriknya panas tidak menurunkan semangat para Jemaah umat Buddha, selain itu pengaman pun ekstra ketat dari Polres Karawang, Polsek Batujaya, Koramil Batujaya dan Satpol PP Kecamatan Batujaya.

Jamah yang berasal dari Beberapa daerah seperti Karawang,cikampek, Bekasi,Bandung,Purwakarta,Tangerang,Depok, Cirebon bahkan ada juga yang berasal dari Bali,yang Terdiri dari gabungan 23 Vihara antar lain. Cetiya Saddha mangala dari Lipo Cikarang, vihara Budha Loka dari Tanjung Pura Karawang,Vihara Buddha dhamma karawang,Vihara Sadda Dipa Bojong Bekasi,Vihara sariputra asal Cikarang,vihara Tirtha Bakti cikarang jati,Vihara Dhamma Metta Cikarang Cabang,Vihara Dhamma Vijja asal Teko Bekasi,Vihara Kerta Jaya asal Teko Bekasi,viharaDipankara atau Tekseng bio cikarang,Vihara Vesantara asal Bantarjaya Bekasi,Bio Shia Jin Kong Rengasdengklok Karawang,Vihara manggala Dhamma asal Bekasi,Vihara Dharma segara Aasal Bekasi,Vihara Citta manggala Bekasi,Vihara sasaba loka Bekasi,Vihara mangala Jaya Bekasi,Pondok Meditasi Asri Bekasi,Vihara Ananda Bekasi,Vihara Budha Dharma Bekasi,Vihara Dharma Sakti Bekasi,Vihara Dana Paramitha Bekasi.

Bupati Karawang dalam sambutanya yang di bacakan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispudpar) Okih Hermawan. Atas nama pribadi maupun atas nama Pemerintahan Kabupaten Karawang menyambut baik dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas prakasa panitia pelaksana Puja Bhakti Waisak di pelataran Candi Jiwa dan Blandongan Desa segaran Kecanatan Batujaya kabupaten Karawang sebagai rangkaian perayaan Waisak tahun 2019 yang ke 12 kalinya di rayakan di candi Blandongan, selain itu bahwa situs candi jiwa ini menjadi cagar budaya Nasional. Ujarnya dalam sambutannya

Okih Hermawan menambahkan ,saya selalu hadir di acara besar kalau tidak ada halangan, sekali lagi saya ucapakan selamat Hari Waisak 2563/2019. Sekali lagi mohon maaf Bupati Karawang tidak bisa hadir, di karenakan ada acara yang bersamaan dan akhirnya diwakili oleh saya, sekali lagi saya dan pemerintahan Kabupaten Karawang Mohon maaf lahir batin. Singkatnya

Dijelaskan Pembimas Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Dr. Nyana Wangsa SH, MH dalam sambuyannya. Hari Raya Waisak di kalangan umat Buddha sering disebut dengan hari raya Trisuci Waisak.

Disebut demikian karena pada hari Waisak terjadi tiga peristiwa penting. Yakni kelahiran Pangeran Sidhartha Gautama, tercapainya penerangan sempurna oleh Pertapa Gautama, dan mangkatnya sang Buddha Gautama.

“Kami mengimbau kepada umat Buddha untuk selalu menjaga diri, menjaga kerukunan internal dan antarumat beragama,dan selalu berpikir positif,” katanya.

Ditambahkannya lagi Nyana, Kami Menyambut Baik,serta memberikan asperasi yang setinggi tingginya kepada Panitia,yang telah menyelengarakan acara ini.sebagi salah satu bentuk keyakinan kita kepada para buddha Gotama.

Lebih lanjut. ”Puji Bakti Waisak 2563BE/2019. Merupakan peringatan yang mengingatkan kita terhadap perjuangan Maha guru Agung sang Buddha Gotama yaitu pada,Masa Kelahiran Pangeran Siddhatta,Masa Perjuangan petapa Gotama Menjadi Buddha dan Sang Buddha mencapai Parinibbana (mangkat).Pungkasnya dalam sambutannya.

Disisi Lain, Camat Batujaya Rohmana juga mendukung Candi Jiwa dan candi lainnya yang terdapat di Batujaya, untuk diseriuskan menjadi potensi wisata oleh Pemerintah Kabupaten Karawang. “Saya setuju potensi wisata yang ada di Batujaya, difokuskan untuk secepatnya bisa dimaksimalkan dan Alhamdulillah Situs Candi Jiwa jadi Wisata Nasional” ungkapnya

Laporan: (Wasim/ Anang/ Karyadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here