Kades Segarjaya Monopoli Pelaksanaan Dana Desa

0
473

KARAWANG-Zonadinamika.com. Penyerapan dana desa seakan membuat sejumlah kepala desa agak bertingkah,dan memandang sebelah mata terhadap warga. Tindakan semau gue sepertinya itulah yang diperankan oleh oknum-oknum kades saat ini, sifat monopoli dalam membuat kebijakan seakan semakin tren.

Disinyalir tindakan tidak melibatkan warga dalam pelaksanaan program pemerintah, dicurigai agar penyerapan anggaran tidak diketahui warga secara rinci,demi upaya mengisi kantong oknum kades dan kroninya.

Tanpa disadari,bahwa kepala Desa adalah penyelenggraaan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat, hal tersebut sesuai dengan undand-undang  no 6 th. 2014 tentang Desa.

Seperti halnya Desa Segarjaya pada beberapa minggu lalu menerima anggaran dana desa (DD) sekitar Rp. 500.000.000. (Lima Ratus Juta) untuk pelaksanaan infrastruktur.

Kepala Desa Segarjaya  H.Syarifudin,Selasa, (09/05/2017) menjelaskan.”Dana Desa yang kami terima sekitar Rp.500.000.000. (Lima Ratus Juta Rupiah), semuanya diperuntukan untuk membangun Jalan Setapak (Japak), dikerjakan sekitar 20 (dua puluh) titik dalam empat Dusun.”

“Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dilibatkan dalam pelaksanaan pembangunan jalan tersebut yang mempergunakan anggaran Dana Desa ini,” tegas Syarifudin.

Di kediaman Ketua LPM Desa Segarjaya H.Nedih membantahnya bahwa dia (LPM-red) tidak dilibatkan sama sekali tentang pelaksanaan pekerjaan Japak dari anggaran Dana Desa maupun anggaran Dana Bantuan Gubernur (Bangub).

“Saya tidak mengetahui nominal jumlah bantuan yang diterima oleh Kepala Desa Segarjaya, baik itu anggaran BanGub maupun anggaran Pemerintah Pusat, selain itu titik pekerjaannyapun saya tidak mengetahuinya,” tegas H.Nedih, (Selasa/09/05/2017)

Salah seorang anggota Lembaga Swadaya Masyarakat Kompak yang biasa di sebut Encek mengatakan,”Pelaksanaan pembangunan Japak semua pekerjanya dari luar desa Segarjaya, diduga dikontraktualkan kepada pihak lain, seharusnya masarakat disini harus di libatkan dalam pekerjaan ini,” ungkap nya. (Wasim/Haris/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here