Harapkan Setiap Instasi Miliki Pojok Baca

0
498

KUALA KAPUAS –Zonadinamika.com.  Kegiatan Pembukaan Stakeholder Meeting, Pertemuan Mitra Pendukung Program Perpuseru Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas yang berlangsung di Betang Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas di buka oleh Wakil Bupati Kapuas Senin (17/10) Pagi.

Dalam kagiatan tersebut hadir pula para kepala SKPD, para komunitas di Kabupaten Kapuas dan Duta baca Kabupaten Kapuas, Dalam kesempatan itu Bupati Kapuas dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Kapuas H Muhajirin menyampaikan Apresiasi dan dukungannya terutama kepada CocaCola Fonfation, Melinda dan Bill Gate yang memberikan bantuan pendampingan berupa Tekhnologi Informasi dan Komunikasi untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan berbasisi Tekhnologi Informasi dan Komunikasi.

Dalam kesempatan itu pula diharapkan dukungan dari selurah pihak untuk tercapainya pembangunan dibidang  perpustakaan secara berkelanjutan dan  mengharap  semua untuk mengerakan semangat budaya gemar membaca agar masyarakat menjadi pintar dan cerdas serta berpengetahuan luas.

Serta ia juga menghimbau agar semua lembaga pemerintah dan swasta membuat Pojok baca di tempat kerja masing masing sebagai wujud nyata dan keperdulian terhadap dunia literitas  dan pembangunan perpustakaan yang berkelanjutan.

Ia berharap jalinan kerjasama pemerintah kabupaten Kapuas dengan pihak Perpuseru Cocacola Fondation dan pihak yang berkeinginan memajukan pembangunan dibidang perpustakaan terus di tingkatkan untuk pembangunan berkelanjuatn.

Sebelunnya Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Kapuas Hj.Nor Apiati Muhajirin dalam sambutannya menyampaikan di Kalimantan tengah ada 3 Kabupaten yang mendapat bentuan Perpuseru dari CocaCola Fondation yakni Barito Utara, Barito Selatan dan Kapuas.

Sekarang perpustakaan sudah ada pengembangan bukan hanya meminjam dam membaca buku tetapi juga mengajarkan dan meningkatkan masyarakat kepada hal yang mengarah teknologi informasi antara lain perpustakaan Daerah kabupaten Kapuas telah mengadakan kursus computer gratis dan internet desa yang dibantu pengelola  perpuseru Jakarta dengan peserta 2500 orang yang dilaksanakan setiap hari Rabu dan di hari sabtu diberikan motivasi agar nantinya bisa membuka usaha yang berkerja sama dengan LPK Prima Kapuas.

Lebih lanjut Kepala Perpustakaan meminta dukungan di tahun 2017 mendatang berkerjasama dengan Perpuseru beranjak ke pedesaan untuk membangun perpustakaan desa dan meminta kepada dinas pendidikan untuk perpustakaan sekolah jangan di tutup sampai jam pelajaran dan bisa saja di buka pada sore hari.

Kepala Perpustakaan menyampaikan laporan selama berkerjasama dengan Perpuseru Cocacola  Fondation yakni peningkatan jumlah pengunjung karena ada beberapa kegiatan antara lain English club, bimbel matematika  untuk SD dan SMU serta kegiatan lainnya yang dilaksanakan setiap jumat dan sabtu setelah kegiatan di Kantor perpustakaan  seleas, juga mendapatkan bantuan 4 unit komuter dari Cocacola Fondation dan mendapat beberapa unit bantuan kompurter dari pihak swasta yang jumlah semua 15 Unit.  kepala perpustakaan mengharap bantuan dan dukungan dari SKPD.  (Acc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here