Bupati Ir. H. Soekirman : Pemuda Barometer Kemajuan Bangsa

0
517

SEI RAMPAH-Zonadinamika.com. Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71 tanggal 17 Agustus 2016 tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang dilaksanakan di Lapangan bola laki Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Rabu (17/8) berjalan khidmat dan semarak serta diwarnai dengan hiburan diantaranya pagelaran Seni Karawitan Panca Krida SMAN 1 Sei Rampah, Marching Band Perguruan Al Washliyah Perbaungan dan Perguruan Satria Darma Perbaungan.

 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Sergai Ir H. Soekirman dan Komandan Upacara (Danup) Danramil 07/Perbaungan Kapten Arm Paidi serta Perwira Upacara Danramil 09/SR Kapten Inf. Sukari.

 

Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST,  Kapolres AKBP Eko Suprihanto, SH, SIK,MH, Kajari Erwin Panjaitan, SH, Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. H Haris Fadillah M.Si, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah,  Perwakilan Ketua PN Tebing Tinggi dan Lubuk Pakam, para pejuang veteran, para pejabat di lingkungan Pemkab Sergai, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta seribuan warga masyarakat Sei Rampah.

 

Peringatan detik-detik bersejarah yang ditandai dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST juga diikuti peserta upacara dari berbagai unsur kesatuan yaitu 1 SST unsur TNI Yonif 121/ Macan Kumbang,1 SST dari Kodim 0204/DS, 1 SST unsur Polres Sergai, Barisan Generasi Muda Paskibra, KORPRI, unsur Parpol, OKP/ORMAS, Pramuka dan Pelajar Se-Sergai.

 

Dalam kesempatan itu, anggota Paskibra yang mendapat kehormatan menerima langsung bendera Merah Putih dari Bupati Ir. H. Soekirman selaku Irup untuk dikibarkan ditiang bendera adalah Dinda Fauzi Aulia dari SMAN 1 Serba Jadi sedangkan Lurah Paskibra Jupanka Aidil Saputra dari SMAN 1 Sei Rampah.

 

Sebelumnya, Rabu dini hari sekira jam 00.00 WIB digelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di halaman depan kantor Bupati di Sei Rampah. Bertindak sebagai Irup pada AKRS yang penuh hening itu adalah Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto, SH, SIK,MH dan Danup AKP M. Sihombing.

 

Sementara itu, sore harinya saat dilakukan penurunan Bendera Merah Putih bertindak sebagai Irup Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Danup Kapten Inf. Samson, dan Perwira Upacara Kapten Inf. Salmon Sembiring.

Sebelumnya ditempat yang sama dilaksanakan juga penyerahan Satyalencana Karya Satya kepada 132 PNS untuk masa bakti 10 tahun, 20 dan 30 tahun.

 

Pemkab Sergai Gelar Temu Ramah Antar Generasi

 

Usai peringatan detik-detik Proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Barisan Generasi Muda yang dilakukan Paskibra pelajar dari beberapa SMA di Sergai, jajaran Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sergai menyelenggarakan acara syukuran dan temu ramah antar generasi yang diadakan di halaman kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

 

Dan untuk lebih memaknai arti Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, dengan bersepeda onthel Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya berangkat menuju lokasi acara syukuran dan temu ramah antar generasi sembari melakukan napak tilas jalanan yang dilalui pahlawan terdahulu di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai.

 

Pada temu ramah antar generasi, turut hadir Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Darma Wijaya, Unsur Forkopimda, Ketua TP. PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah M.Si, Ketua DWP Sergai Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, para Pejabat dan jajaran PNS dilingkungan Pemkab Sergai, para pejuang veteran, tokoh pemekaran Sergai, tokoh agama, tokoh pemuda, OKP/Ormas dan Barisan Generasi Muda Paskibra.

 

Membuka sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang didampingi Wabup Darma Wijaya menyampaikan sesuai dengan Thema yang diangkat pada HUT RI ke-71 tahun ini “Kerja Nyata” bahwa pentingnya peran pemuda dalam kemajuan bangsa dan negara, para pemuda menjadi barometer baik atau buruknya suatu negara karena generasi muda adalah pewaris bangsa dan negara.

 

Kemudian dikemukakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman upaya merebut kemerdekaan dengan darah dan nyawa yang diberikan oleh para pejuang bangsa kita patut hormati dan dihargai, tindakan nyata kita untuk memberikan yang terbaik pada negara ini adalah bagaimana bertindak dan bekerja nyata bagi bangsa ini, sebab banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dan dihadapi bangsa kita saat ini.

 

Pemuda sebagai tulang punggung bangsa harus menyadari berbagai macam tantangan dan ancaman untuk kemudian bersatu padu dan bersinergi menjaga keselamatan bangsa dan negara, indikasi adanya proxy war di Indonesia di antaranya gerakan separatis, demonstrasi massa, peredaran narkoba, dan bentrok antarkelompok, pemakaian narkoba semakin besar.

 

Pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan, bila para pemuda memiliki kualitas dan kapasitas yang mumpuni maka dapat dikatakan negara tersebut akan menjadi negara yang kuat. Namun sebaliknya bila para pemuda tidak memiliki kemampuan, rasa tanggung jawab serta memilki rasa peduli bahkan terjatuh dalam kehidupan yang hedonisme dan berbagai kasus kenakalan remaja maka dapat dikatakan negara atau bangsa tersebut telah gagal dan diambang kehancuran, pungkas Bupati Sergai Ir. H. Soekirman. (J.Irwan Syahputra.Silitonga)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here