Bupati Apresiasi Tinggi Batik Carnival Kapuas

0
528

KUALA KAPUAS –Zonadinamika.com.  Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas yang dipimpin oleh Ny Ary Egahni Ben Bahat SH telah melaksanakan Kapuas Benang Bintik Carnival Show Tahun 2016.

“Hal ini merupakan wujud kerja nyata dari TP PKK Kabupaten Kapuas dalam memajukan Kabupaten Kapuas dan bangsa yang sama-sama kita cintai ini,” katanya saat membuka secara langsung kegiatan tersebut yang ditandai dengan penabuhan katambung oleh Bupati Kapuas, Senin (8/8) Pagi di Aula Kantor Bupati Kapuas.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun oleh TP PKK Kabupaten Kapuas dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 71 itu, selain Lomba Fashion Show dirangkaikan pula dengan Lomba Vocal Solo Vocal Group, Baca Puisi dan Fotografi sehingga total keseluruhan peserta yang mengikuti berbagai lomba tersebut sebanyak 755 peserta. Menurut laporan Ketua Panitia Sri Mawarni Suparman, kapasitas peserta meningkat dari tahun 2015 yang hanya di ikuti 200 sekian peserta.

Bupati Kapuas dalam sambutannya mengatakan event yang dilaksanakan merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh pihak dimana Kabupaten Kapuas telah menampilkan dan memperkenalkan Benang Bintik ke tingkat Provinsi Kalteng dan ia berharap pula sampai ke tingkat Nasional bahkan Internasional. Hal ini ia ungkapkan, tidak terleoas dari kerja keras Tim Penggerak PKK secara berjenjang dari tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai ke tingkat Desa.

Begitu pula dirangkaikannya lomba yang lain seperti Vocal Solo, Vocal Group, Baca Puisi dan Fotografi, dengan adanya lomba-lomba tersebut ia juga berharap dapat menumbuhkan rasa nasionalisme bagi anak didik sejak usia dini sehingga mereka mencintai daerahnya, bangsanya dan negaranya.

“Ini akan mendorong mereka kearah yang lebih baik, karena merekalah nantinya menjadi pemimpin masa mendatang. Kita harapkan dengan kegiatan ini akan menanamkan rasa kedewasaan bagi anak-anak kita sehingga mereka terhindar dari hal-hal yang bersifat negatif dan dapat ikut serta memerangi narkoba, minuman keras bahkan obat-obat terlarang,” tekannya.

Selain itu, ia juga menyampaikan rasa bangganya dimana peserta yang mengikuti Kapuas Benang Bintik Carnival Show 2016 mencapai 700 lebih peserta. Untuk itu, ia yakin dan percaya tahun 2017 akan melebihi peserta yang ada pada tahun 2016.

Ini menandakan, lanjut dia, Masyarakat Kabupaten Kapuas telah mencintai Benang Bintik dan telah menyadari serta menghayati NKRI. Kemudian, ia pun menghimbau kepada semua orang tua untuk mendidik dan menjaga anak-anak supaya terhindar dari hal-hal yang negatif. “Sekali lagi harapan saya ke depan agar event ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan,” ujarnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas dukungan dari Bupati Kapuas dan seluruh jajaran dimana TP PKK Kabupaten Kapuas telah melaksanakan event kegiatan dalam rangka tujuannya untuk membudayakan Benang Bintik Khas Kabupaten Kapuas bagi seluruh masyarakat Kapuas. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak secara khusus kepada Bank Kalteng dan Bank BRI terlebih Kepala SKPD sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Lebih jauh Ia mengatakan bahwa dalam rangka menyambut HUT RI Ke 71, kegiatan lomba benang bintik dirangkaikan pula dengan rangkaian kegiatan lomba lainnya, hal ini dimaksudkan karena pihaknya ingin memupuk anak-anak sejak usia dini sampai dewasa bahkan usia lanjut memiliki rasa nasionalisme, patriotisme sehingga dengan bekal cinta tanah air anak-anak bisa siap memimpin bangsa dan mencintai NKRI.

Dengan meningkatnya kapasitas jumlah peserta di tahun 2016 ia berharap penampilan dari setiap peserta dapat mengandung nilai-nilai kepatriosime, nasionalisme dan mengalami kualitas peningkatannya secara lebih baik. Selain itu, ia selaku Desain Benang Bintik merasa bangga karena melihat bahwa seluruh Kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Kalteng sebagian banyak mengenakan Benang Bintik Khas Kabupaten Kapuas.

“Apa yang dilaksanakan pada hari ini menjadi semangat yang baik secara berjenjang bagi TP PKK Kecamatan dan desa sehingga pengejawantahan 10 Program PKK dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat dirasakan kegerakan PKK yang memberdayakan dan mensejahterakan keluarga dengan hal-hal yang sederhana,” tuturnya.

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Indah Purwanti, Forkopimda Kabupaten Kapuas, Anggota DPRD Kapuas, Kepala SKPD lingkup Pemkab Kapuas, Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan dan seluruh peserta Kapuas Benang Bintik Carnival Show 2016. (Angga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here