14 Atlit Tinju Belu Siap Rebut Piala Wali Kota Kupang

0
648

ATAMBUA, NTT-Zonadinamika.com, Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Kabupaten Belu melepas sebanyak 14 atlit tinju untuk berlaga memperebutkan Piala Wali kota Kupang.

Sekda Belu Drs. Petrus Bere sebagai Pembina dari KONI Kabupaten Belu juga mengapresiasi keberhasilan para atlit tinju Kabupaten Belu yang telah banyak menorehkan prestasi ke kancah Nasional bahkan dunia.

Saya bangga karena atlit kita mampu menembus tingkat nasional bahkan dunia,” Kata Petrus Bere Saat melepas kontingen Tinju Belu di ruangannya, Senin, (18/4/2016).

Menurut Bere, Dalam peta NTT tinju Belu sangat disegani sehingga ia berpesan akan kedepannya event tinju ini akan diadakan di Belu, sebab selain meningkatkan prestasi para atlit juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Belu.

“Kedepan kalau bisa kita akan undang orang untuk buat Belu Cup khusus olahraga Tinju, karena dengan tinju kita akan tingkatkan ekonomi di Belu, sebab banyak orang yang akan datang kesini dan hotel-hotel pasti penuh dan segala fasilitas yang kita punya akan mereka gunakan, sehingga tingkat pendapatan di daerah kita bisa meningkat,” Ungkap Petrus Bere.

Sekda juga berpesan kepada Para Atlit agar dapat bertinju dengan baik dan memberikan prestasi yang membanggakan untuk Belu.

Selain itu petinju juga diharapkan untuk menjaga konsentrasi, tidak menggunakan emosi dalam bertanding, menjaga sportifitas dan beristirahat yang cukup.

“Bertanding yang baik dan jangan emosi. Jaga fisik, istirahat yang cukup,” Kata Sekda.

Ketua Persatuan Tinju Amatir Kab Belu Emanuel Asa menyampaikan bahwa Kejuaraan tinju ini akan berlangsung sejak tanggal 19-24 April 2016.

Adapun atlit yang dikirim dari Belu sebanyak 14 orang ditambah dengan 6 orang pelatih (official) sehingga total keseluruhan kontingen menjadi 20 orang yang akan berangkat,” Jelas Emanuel.

Yoppy Ndun Wasit tinju dari Kabupaten Belu juga menyampaikan bahwa dalam rangka memperebutkan piala walikota Kupang, keempat belas atlit ini juga sekaligus mengadakan seleksi peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk mewakili tim NTT berlaga di Kancah Nasional.

Ia juga menyebutkan beberapa atlit tinju Belu terbaik yakni Mario Kali, Anggelina Niis dan Serli Kase yang merupakan atlit tinju yang sering berlaga di beberapa kejuaraan nasional.

Yoppy memastikan, bahwa atlit yang ia bina dapat tampil lebih baik karena sudah melalui latihan yang rutin, sehingga memperoleh target juara yakni
minimal 2 medali emas, Sebab Ke 14 Atlit ini merupakan Jebolan dari 5 Sasana Tinju Terbaik Belu yakni Sasana Kartintes, Sasana Laka Boxing Can, Sasana Liurai Boxing dan Sasana Halilulik Boxing.

Dalam kejuaraan Tinju ini ada 2 kategori yang dilombakan yakni Elit atau Dewasa dan kategori Junior.

Sejauh ini, Perhatian Pemda Belu terhadap Pertina sangat baik dengan adanya dana yg dikucurkan dari KONI Pusat Melalui Pemerintah Daerah dengan total Tahun 2015 sebesar 175 juta dan Tahun ini akan bertambah 275 juta yang sementara menunggu pembahasan DPRD,” Kata Yoppy. (Nus Feka).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here