Pentingnya Wawasan Kebangsaan

0
517

KUALA KAPUAS –Zonadinamika.com. Kegiatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan di buka langsung oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT di Kantor Kecamatan Timpah, Kamis (7/4) pagi. Pada kesempatan tersebut Bupati Kapuas di dampingi Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Drs Ibak MPd dan Direktur Utama Indonesia Center for Civic yang juga bekerja sebagai Dosen UIN Ackhmad Ubaedillah yang merupakan narasumber pada kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut orang Nomor Satu di Kabupaten Kapuas tersebut menyampaikan jika kehidupan masyarakat sudah damai, rukun tanpa membedakan suku, ras, agama dan golongan maka masyarakat tersebut sudah dapat dikatakan mengerti dan melakukan wawasan kebangsaan.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan rasa gembiranya karena dapat bertemu masyarakat Kecamatan Timpah sekaligus ingin melihat langsung situasi dan kondisi masyarakat serta sarana dan prasarana yang nantinya akan menjadi perhatian Pemerintah.

“Wawasan Kebangsaan kita patut mengetahui bahwa ada empat pilar bangsa yaitu UUD 1945 yang mana isi dari UUD tersebut banyak hal mengenai wawasan, aturan-aturan serta hak-hak sebagai masyarakat Indonesia, Pancasila yang mana jika melaksanakan dengan baik dan toleransi kita dapat menjadi bangsa yang saling menghormati satu dan lainnya hidup pun menjadi damai, Bhineka Tungal Ika yang memiliki arti berbeda-beda tapi tetap satu jua yaitu janganlah menjadikan perbedaan sebagai masalah tapi jadikanlah itu sebagai suatu kekuatan, yang terakhir adalah NKRI yang mana Negara Kesatuan Repuplik Indonesia adalah harga mati untuk dijaga bersama-sama sepeti menjaga kerukunan serta kedamaian tanpa membedakan satu dan lainnya” ungkapnya.

Masih ditempat yang sama ia menyampaikan bahwa sudah melihat hal ini dilakukan dengan baik di Kabupaten Kapuas oleh karena itu Ia merasa senang dan bangga kepada masyarakat Kabupaten Kapuas karena hidup rukun aman dan damai tanpa membedakan suku, ras, agama ataupun golongan sehingga dapat bersatu padu untuk membangun Kabupaten Kapuas “Mari kita jaga persatuan dan kesatuan serta memelihara kerukunan dan perdamaian yang sudah ada”. Ia juga berpesan agar mengamati dan meneliti jika ada pemdatang baru agar tidak ada masuk ke Kabupaten Kapuas kempok gafatar, teroris ataupun pengedar narkoba dan miras.

Sebelumnya disampaikan laporan oleh Drs. Ibak M.Pd mengenai dasar pelaksanaan kegiatan tersebut. Ia juga menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah dalam melaksanakan tugas dan wewenang Pemerintah Daerah mempunyai kewajiban memegang teguh Pancasila, melaksanakan Undang-Undang Dasar 1945 serta mempertahankan dan memelihara keutuhan NKRI untuk mendukung pelaksanaan tugas dan wewenang Pemerintah Daerah untuk mengembangkan pemantapan wawasan kebangsaan tersebut bahwa dalam mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaan guna pemberdayaan serta penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Dilaporkan pula dalam kegiatan tersebut bahwa jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sekitar 50 orang terdiri dari guru Paud dan TK serta guru-guru PPKN SD, SMP, SMA sederajat dalam wilayah Kecamatan Timpah Kabupaten Kapuas. Kegiatan tersebut juga dalam rangka Pemantapan empat Konsensus Dasar Nasional sesuai Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 71 tahun 2012 tentang pedoman pendidikan wawasan Kebangsaan.(angga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here