Hasil Lomba Tari Masai dan Tari Nusantara

0
873

Kuala Kapuas – Zonadinamika.com. Lomba Tari Manasai dan Tari Nusantara dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Ke-210 Kota Kuala Kapuas dan HUT Ke-65 Pemerintah Kabupaten Kapuas selama tiga hari dan dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kabuaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat, berakhir kemarin Rabu (17/2) sore bertempat di lapangan Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas.

Ketua Tim Dewan Juri Lomba Deny Widanarni SE MAB mengutarakan sebanyak 1.408 Anggota Pramuka yang tergabung dalam 70 regu turut ambil bagian dalam lomba ini. “Kategori kejuaraan terdiri atas Penggalang Ramu untuk tingkat SD/MI, Penggalang Rakit/Terap untuk tingkat SMP/MTs, Penegak/Pandega dari Gudep serta Penegak/Pandega dari Satuan Karya dengan rebutkan piala untuk juara 1-3 serta juara harapan 1- 3 juga” ucap Deny

Wanita yang sehari-harinya menjabat Kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Kapuas menyebutkan selama tiga hari lomba dirinya dibantu oleh delapan tenaga profesional berasal dari TP PKK Kabupaten Kapuas, Penggiat dan pelaku seni, Pengawas SMA/SMK, Kepala Sekolah. “Sedikitnya tiga indikator dapat meraih juara, karena keseragaman gerakan atau wiraga, penghayatan penari terhadap tarian atau wirasa serta wirama kesesuaian gerak dengan irama musik” ucap Erliansyah salahsatu Anggota Tim Juri usai umumkan kejuaraan kemarin.

Sementara itu Ny Rusela Narpan Apoy sesepuh seni yang juga tergabung dalam Tim Juri Lomba merasa bangga dan bahagia, karena ribuan generasi muda Anggota Pramuka masih mau mencintai dan melestarikan budaya leluhur. “Upaya Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas dalam rangka meningkatkan kecintaan dan melestarikan kesenian Indonesia serta sebagai ajang persiapan menuju Pembuatan Rekor Prestasi atau Rekor Muri dengan ditarikan oleh 5.000 Anggota Pramuka, patur kita dukung” ucapnya.

Hal senada diutarakan Anggota Tim Juri lainnya Teguh Prasetya Madjan penggiat seni yang juga pemilik yayasan dan studio musik ini. “Walaupun dalam suasana hujan saat penutupan saya melihat antusiasme ribuan Anggota Pramuka luar biasa. Mereka tetap semangat ini hal positif sebagai semangat generasi muda melestarikan budaya daerah” ucapnya

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Suwarno Muriyat yang menggagas kegiatan ini menguraikan rangkaian kegiatan persiapan menciptakan rekor prestasi baru menari Manasai dan menari Nusantara. “Kwarcab telah membagi kuota tiap sekolah/madrasah, Gudep, Kwartir, Andalan, maupun Forkompimda dengan total berjumlah 5.000.

Latihan gabungan, segera kami lakukan ditingkat Kecamatan dan pemantapan persiapan lainnya. Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak terutama Camat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting dan Kepala Sekolah/Madrasah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan.

Penutupan lomba yang yang dirangkai dengan kegiatan rutin Kwarcab Kapuas berupa ‘Gesang Merapi’ atau Gelar Sang Merah Putih berupa penurunan bendera pada pukul 17.00 ini sebelumnya diisi dengan menari bersama serta pengumuman hasil lomba. Peraih juara akan tampil seusai upacara peringatan berikut menampilkan konfigurasi tulisan” jelas Suwarno

Adapun hasil lomba untuk tingkat Penggalang Ramu juara pertama SDN 5 Selat Hilir, kedua SDN Khatolik Santa Paulus, ketiga MIN 1 Selat Hulu. Sedangkan SDN 2 Selat Tengah, SDN 4 Selat Hilir dan MIN 2 Selat Hulu masing sebagai juara harapan 1,2 dan 3. Sementara untuk tingkat Penggalang Rakit dan Terap juara pertama SMPN 1 Kapuas Timur, disusul MTsN Selat Kuala Kapuas, serta SMPN 2 Basarang berada pada urutan ketiga diikuti SMPN 1 Selat Kuala Kapuas, SMPN 3 Selat Kuala Kapuas, dan SMPN 2 Kapuas Timur sebagai juara harapan 1, 2 dan 3.

Tingkat Penegak sebagai jawara SMAN 2 Kuala Kapuas, disusul SMAN 1 Kuala Kapuas, dan MAN Selat raih piala juara ketida, serta SMA Muhammadiyah, SMA 1 Kapuas Timur, dan SMA 1 Pulau Petak masing boyong piala juara harapan 1, 2 dan 3. Sedangkan ditingkat Satuan Karya (Saka) dan Kwaran di menangkan oleh Saka Wencana, disusul Saka Wira Kartika, dan Saka Bhayangkara sebagai juara ketiga, dan juara Favorit Tingkat SD dari Kwaran Kapuas Hilir, Tingkat SMP Kwaran Tamban Catur, Tingkat SMA oleh Kwaran Kapuas Barat, juga membawa pulang piagam serta tropi. (Angga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here