Ketua DPRD Samosir Bilang Pers Tidak Berhak Menanyakan dan Mengetahui Perjalanan Dinas Dewan

0
1566

Samosir –Zonadinamika.com. Seiring dengan adanya informasi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat serta menjadi sorotan terkait kinerja oknum anggota DPRD Samosir yang dinilai kurang maksimal dan hanya bisa menghabiskan uang dengan alasan perjalanan dinas maupun kegiatan lainnya merupakan sesuatu hal yang harus diubah sedini mungkin.

Karena bila terlambat dibenahi maka tidak menutup kemungkinan aspirasi masyarakat akan terkesan terabaikan dan berlalu begitu saja. Demikian disampaikan seorang masyarakat Kecamatan Sianjur Mula-Mula bermarga Sagala kepada SIB saat berbincang tentang lemahnya kinerja DPRD seperti terlambatnya pengesahan APBD, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTWW) Samosir yang belum selesai, serta keluhan lainnya, Kamis (11/2).

Ketua DPRD Samosir Risma Simarmata ketika dikonfirmasi via seluler mengenai keluhan masyarakat tentang tujuan dan hasil perjalanan dinas oleh para anggota dewan pada tahun 2015 menyampaikan, wartawan atau pers tidak dapat mencampuri, menanyakan, bahkan mengetahui perjalanan dinas atau kegiatan mereka lainnya.

“Inikan bersifat internal, oleh karena itu apabila kalian ingin mengetahui perjalanan dinas maupun kegiatan yang menyangkut dewan maka setiap orang harus bergabung kemari juga,” ujarnya sembari mematikan handphonenya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Samosir Jonner Simbolon menyampaikan hal yang berbeda. Menurutnya, perjalanan dinas maupun kegiatan yang menyangkut dengan dewan bukan sesuatu yang harus dirahasiakan dan masyarakat berhak mengetahuinya. “Asalkan pertanyaan itu tidak melewati ambang batas dan masih dalam tahap yang wajar demi pembangunan dan kepentingan masyarakat banyak,” ucapnya.

Disinggung apakah di DPRD, informasi sangat tertutup bagi masyarakat, Jonner menegaskan bahwa siapa pun yang datang akan disambut dengan senang hati. “Kalau pun ada yang seperti itu, mungkin mereka kurang memahami tugas dan fungsinya masing-masing,” ungkapnya. (sumber SIB:DIK-HS/q/ZD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here