Warga Keluhkan Pelayanan Ketua RT dan Lurah

0
1012

Batam -Zonadinamika.com. Pendistribusian Raskin adalah Program penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial di bidang pangan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat berupa bantuan beras bersubsidi kepada rumah tangga berpendapatan rendah (rumah tangga miskin dan rentan miskin).

Penyaluran beras melalui jumlah Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang ada di setiap RT. Data tersebut diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang telah melakukan survey dan pendataan sebelumnya.

Indikasi adanya ketimpangan dalam penyaluran raskin tersebut, secara otomatis akan menjadi polemic di kalangan masyarakat.
Seperti tidak tersentuh pada masyarakat yang layak mendapatkan raskin tersebut,keluhan sejumlah kepala keluarga terkait pensuksesan program Raskin,di lingkungan warga Newton Pasar Angkasa RT 02 RW 08 Kec Lubuk Baja.

Pada Zona Dinamika.com menceritakan akan keluhan ketua RT 02/08 yang menjabat selama dua priode tanpa adanya pemilihan ketua RT yang berinisial HDR.
HDR sebagai ketua RT 02/08 tidak berdomisili di RT 02, tetapi HDR tinggal diperumahan balai persero, sehingga menyulitkan warga bila mengurus surat-surat, apalagi HDR selalu mempersulit warga dalam pengurusan dokumen yang dibutuhkan warga. Dan warga Newton RT 02.

Warga menduga bahwa HRD ketua RT 02 bekerjasama dengan Iskandar Lurah Lubuk Baja Kota, mereka’’’kan teman dekat, buktinya daerah Lubuk Baja sudah selesai pemilihan RT baru,tetapi RT 02 sudah habis masa priodenya belum juga diganti, mungkin HDR masih tetap jadi ketua RT 02.

Iskandar,selaku Lurah ketika di konfrimasi warga 02/02, lurah mengusulkan supaya dilakukan pergantian ketua RT baru, dan kami juga sekalian memperkenalkan calon ketua RT yang ditunjuk warga, tetapi Lurah interpensi Warga,calon RT yang ditunjuk warga belum KTP RT 02, padahal calon yang kemi bawa sudah empat tahun tinggal di RT 02, dan KTP nya hanya beda RW, jelas beberapa warga dengan nada kesal.

PraturanWalikota (PERWAKO) kota Batam Nomor 39 Tahun 2013 tentang: Perubahan atas PERWAKO Kota Batam Nomor 26 Tahun 2008 tentang pedoman pembentukan lembaga masyarakat Pasal 1 ayat 4 “ Kelurahan adalah wilayah kerja lurah sebagai perangkat daerah kota Batam dalam wilayah kerja kecamatan”.

Pasal 1 ayat 8 Rukun warga yang selanjutnya disingkat RW adalah “ Lembaga yang dibentuk melalui musyawarah pengurus RT diwilayah kerja yang ditetapkan oleh lurah. Pasal 1 ayat 9 Rukun tetangga yang selanjutnya disingkat RT adalah,Lembaga yang dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka mendukung pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Lurah”

Kepada zonadinamika.com Iskandar Lurah Lubuk Baja kota saat dikomfirmasi diruang kerjanya pada Tanggal 02/02, “ Akhir Pebruari ini akan kita lakukan pergantian RT/RW, saya akan musyawarahkan dulu dengan warga, karena saya sebagai Lurah harus melindungi dan mengayomi warga saya, jadi ini harus dirundingkan dulu terhadap warga, dan akan saya kembalikan kembali pada warga saya.

Seraya mengakui, HDR sudah dua priode jadi ketua RT 02 RW 08, Di Newton itu warganya rata rata cina dan orang sibuk, kalau disuruh jadi RT mereka tidak ada yang mau.Masa priode ketua RT, RW.Lurrah tidak ada ditentukan dalam UU, banyak Lurah di Batam ini yang menjabat samapi 3 priode, selagi masyarakat masih mempercayain pemimpinya untuk tetap memimpin, itu sah-sah saja.

Masa priode ketua RT, RW.Lurah tidak ada ditentukan dalam UU, banyak Lurah di Batamini yang menjabatsamapi 3 priode, selagi masyarakat masih mempercayain pemimpinya untuk tetap memimpin, itu sah-sah saja.

Pembagian raskin itu pada warga sekali dalam sebulan, dan warga yang mendapatkan raskin itu Warga yang ada datanya dari Badan Pusat Statistik (BPS), berhak mendapatkan raskin itu 15 kg, dan kelurahan setor ke Bulog itu Rp 1600/kg, untuk warga Newton RT 02/08 dalam sebulan mendapatkan 40 karung, jelas Iskandar lurah Lubuk Baja dengan dingin. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here