Akhir Tahun, Populasi Sapi di Belu Meningkat

0
514

Atambua – Zonadinamika.com, Yeremias Kali Taek Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Belu Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur mengatakan bahwa berdasarkan Sensus dari Statistik di Kabupaten Belu, Populasi Ternak Sapi Meningkat hingga 57.000 Ekor di Tahun 2015, hal ini berkat kerja keras para peternak dengan pemerintah dalam usaha mengembangkan potensi unggulan Kabupaten Belu, Sabtu, (12/12/15).

“Ternak sapi merupakan potensi yang sangat besar, dengan keberhasilan ini, tentunya masyarakat lebih giat lagi dalam berusaha,” Katanya.

Sambung Yerem, bahwa Sapi merupakan ternak besar yang harus terus menerus digalakkan mengingat kebutuhan akan daging untuk daerah luar saat ini sangat marak, hal tersebut menurut Kepala Dinas merupakan langkah yang baik untuk mengamankan aset yang ada di Kabupaten Belu di Bidang Peternakan.

“masyarakat harus cerdas untuk kembangkan ternak sapi, Kita siapkan lahan untuk tempat ternak,” Tutur Yerem.
Untuk itu, Pemerintah melalui Dinas Peternakan Kabupaten Belu di 12 kecamatan telah disiapkan tenaga teknis dalam bidang peternakan untuk mengontrol secara baik perkembangan serta kesehatan ternak di Kabupaten Belu.

“Untuk kasus yang terjadi, sampai saat ini belum ada wabah yang menyerang Sapi di Kabupaten Belu dan pada posisi aman sebab pemerintah selalu intervensi dengan vaksin untuk ternak melalui tenaga teknis, dan dari sisi ekonomi kita selalu pantau peternak kita,” Ucapnya.

Kemudian Menurut Yerem, Untuk transaksi jual beli Ternak Sapi kedaerah lain diluar pulau yakni 27.000 ekor di Tahun 2015 dan prosesnya sudah sesuai dengan regulasi dari pemerintah.

“Kedepan kita tetapkan sapi dikirim dengan bobot yang berkualitas, transaksi bisa setiap saat tapi harus dilihat dari kualitasnya,” Pungkasnya. (Yf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here