Masyarakat Adat Debey Bentuk Badan Formatur Menentukan Kepala Distrik Debey

0
677

Jayapura Zonadinamika.com. Badan formatur menentukan kepala disrtik daerah debey mengajak seluru Ikatan KeluargaBesar Debey (IKBD) kumpul mengadakan rapat terbuka disetiap kota se-Papua dan diluar papua untuk mengusulkan bakal calon kepala disrtik daerah Debey karena kami bentuk tim Badan Pormatur ini bukan kepentingan individu melainkan Tim ini demi kepentingan kita semua Daerah Debey.

Terbentuknya Badan Pormatur ini bukan ide saya sendiri tetapi ide ini sebelumnya kami ada koordinasi dengan beberapa Intelektual anak Adat asli Debey dan ketua-ketua IKBD setiap kota di Papua dan diluar Papua serta Masyarakat adat Daerah Debey sehingga kami bentuk tim ini atas perintah Alam Debey.

Kami selaluh dengar isu dari banyak orang mereka mengebut diri mereka Kepala Disrtik Debey kengataannya pemekaran distrik saja belum apa lagi penempatan Kepala Distrik hal ini Ketua Badan Pormatur Marselus Bobii.S.Pd kepada Media online Zonadinamika.com pada saat rapat bersama dengan IKBD Jayapura disekertariat Debey dibawah ketapan kali Acai Abe Jayapura Senin
23/11/2015 ini hari.

Sebelum Masyarakat Adat Debey menetapkan menjadi Kepala Distrik kami panitia badan Pormatur mau supaya Masyarakat mengusulkan peserta bakal calon melalui IKBD masing-masing Kota kemudian masyarata ditunjuk karena selama ini mereka yang sudah dapat Eselon pun mereka mengaku diri mereka mereka adalah Kepala Distrik Debey.

Oleh sebab itu setiap IKBD yang ada di pulau papua semua mengajukan peserta bakal calon kepada kami patia badan pormatur nantinya Masyarakat adat Debey tujuk satu peserta lalu kami panitia badan pormatur ajukan secara tertulis kepada Pemerintah Kabupaten Deiyai.

Karena semua kewenangan Kabupaten Deiyai ada diBupati dan Wakil Bupati kami sebagai masyarakat adat Daerah Debey kita akan usulkan salah satu bakal calon kita ajukan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Deiyai katanya Bobii.

Tentukan Kepala Distrik Debey ini sebenarnya kewenangan pemerintah Daerah setempat namun beberapa minggu yang lalu Wakil Bupati Kabupaten Deiyai kasih kesempatan kepada masyarakat adat Debey untuk menentukan Kepala Disrtiknya sendiri dari masyarakat sehingga kami sebagai Intelektual anak adat Debey kami bentuk Tim Badan Pormatur menentukan Kepala Distrik Debey melalui hasil kesepakatan masyarakat adat Debey secara tertulisnya kami badan pormatur ajukan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Deiyai tuturnya Bobii.

Ikatan Keluarga Besar Debey (IKBD) Jayapura mengusulkan dua peserta bakal calon Kepala Dissrtik Daerah Debey yakni Nahom Pigome,S.Th,S.Pd dan Yulian Pigome,S.Sos,M.Si kedua peserta punya identitasnya Panitia Badan Pormatur ambil dan diagendakan bawah kedua peserta ini sudah
terdaftar bakal calon Kepala Distrik Debey.

Keseluruan IKBD Jayapura menegaskan kepada yang sudah dapat Eselon semua cobahlah berpikir secara logika yang jerni bawah kasih kesempatan kepada yang belum dapat eselon kami Jayapura usulkan kedua peserta ini belum perna dapat eselon dan kedua bakal calon ini sudah menuhi srat dalam pengalaman kerja maupun dalam berorganisasi golongan/Nip mereka dua miliki pun memenuhi syrat.

Ikatan Keluarga Besar Debey (IKBD) se-Jayapura mengajak seluruh lapisan masyarakat adat Debey kita harus waspada dengan pemekaran Disrtik ini jangan sampai oknom-oknom tertentu yang sengaja mekarkan disrtik untuk mempeca belalahkan persatuan kesatuan kita ini.

Kita harus jaga persatuan kita Daerah Debey jangan sampai peca belah lagi ini bahayadan juga kita perlu ketahui dan waspada tana kita semua bisa-bisa habis buat pemerintah lalu tempat untuk masyarakat dikemanakan dan anak cucu kita kedepan bagimana nanti hal-hal ini semua kita mempertimbangkan.

Dalam rapat bersama Mahasiswa/i Jayapura menolak benar-benar Kepala distriknya orang luar dari Daerah Debey karena Daerah Debey adalah Daera persatuan kesatuan dan pula juga Mahasiwa-mahasiswi menolak juga pegawai yang sebelumnya sudah dapat dan sedang aktif mengapdi menjadi
eselon 3 dan 4 mohon supaya kasih kesempatan kepada mereka yang belum dapat jabatan sapai saat ini jangan mengalangi mereka perasaan mau menjadi pejabat itu semua sama kata serentaknya mahasiswa/i Jayapura.

Apa yang kita pikirkan kita semua rasakan saat ini marilah sambil kita belajar dan semua masukan kami tim badan pormatur mengundang semua komponen masyarakat adat Debey kita bahas sama-sama pada tanggal 28-29 Desember 2015 mentang ini setelah acara syuran Debey ujarnya
Bobii. (pilemon waine)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here