Wow…! Dana DD dan PMPM. PISEW Teluk Sentosa Di Pertanyakan Warga.

0
611

Labuhanbatu.zonadinamika.com. Saat ini desa menjadi sasaran pembangunan pemerintan. Hal itu bisa dilihat kementerian desa dengan berbagai macam programnya mengucurkan dana langsung kedesa dengan tujuan supaya desa menjadi sentra ekonomi.

Namun sayangnya, niat baik membangun desa Pemerintah Pusat itu belum bisa diterima pihak-pihak terkait, sehingga pelaksanaannya terkesan tertutup serta menjadi pertanyaan masyarakat desa itu sendiri.

Seperti, pelaksanaan pengerjaan infrastruktur Dana Desa (DD) dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Sosial Ekonomi Wilayah Kawasan Strategi Kabupaten (PNPM.PISEW. KSK) tahun 2015 Desa Teluk Sentosa Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu disoal elemen masyarakat dan warga desa itu.

Soalnya, pelaksanaan 2 program itu selain kwalitas pengerjaannya diragukan pelaksanaannya jugu terkesan di tutup-tutupi sehingga warga tidak mengetahui besaran dana dan asal dana pengerjaan yang ada di depan tempat tinggalnya.

Pengamatan wartawan Senin (16/11) di salah satu titik pengerjaan pengerasaan badan jalan, tepatnya di dusun 8 desa Teluk Sentosa, terlihat material yang digunakan berupa jenis batu petrun yang di serak dibadan jalan tidak menutupi dasar badan jalan, bahkan badan jalan yang baru dilakukan pengerasan itu sudah berlobang.

Menurut salah seorang warga yang tidak ingin ditulis namanya di lokasi pengerasan jalan, membenarkan bahwa jalan itu baru saja selesai dikerjakan. Diketahuinya, pengerasan jalan itu menggunakan dana PNPM.PISEW KSK.

“Yang saya dengar dari pekerja, pengerasan ini menggunakan dana PNPM, tapi berapa besaran dananya nggak tahu, selama pengerjaan dan sampai selesai pengerjaan papan proyeknya nggak pernah di pasang.”sebut warga itu.

Warga tersebut juga mengatakan dari yang dilihatnya sejak awal pengerjaan pengerasan jalan sepanjang lebih kurang 200 meter sampai selesai itu, jenis batu petrun yang digunakan hanya 7 damtruck. Sehingga penimbunan terlihat tipis dan mudah berlobang.

“Kan bisa dilihat hanya bagian pinggir saja yang tebal, sementara bagian tengah tipis, kalau nggak warga setempat yang memperbaikinya jalan ini sudah nggak bisa dilalui, 10 centimeter nggak ada ketebalan penimbunannya ini”ujarnya.

Selain pengerasan jalan yang ada didusun itu, menurutnya di dusun lain yang ada di desa Teluk Sentosa juga ada pengerjaan pengerasan jalan dan 4 buah jembatan barubselesai di kerjakan. Tapi, dia juga tidak mengetahui dari mana sumber anggaran yang digunakan untuk.

Saat wartawan mendatangi kediaman kepala desa Teluk Sentosa Apifuddin dan kepala dusun 8 desa itu untuk meminta klarifikasi berkaitan dengan penggunaan Dana Desa dan pelaksanaan PNPM PISEW KSK di desa tersebut keduanya tidak ada ditempat. Sama halnya dengan Penanggung Jawa Operasional Kerja (PJOK) PNPM.PISEW KSK sampai berita dikirim keredaksi belum bisa dihubungi. ((AFH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here