Pemkab Nias Laksanakan Bimtek Penyusunan Produk Hukum Desa 2015

0
504

NIAS,Zonadinamika.com. Pemerintah Kabupaten Nias menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi unsur Pemerintahan Desa se-Kabupaten Nias yang yang dilaksanakan aula Lantai III Kantor Bupati Nias, Selasa 25/8.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Nias dhi. Sekretaris daerah Kabupaten Nias Drs.F. Yanus Larosa, M.AP yang didampingi oleh Asisten I Sekda Kabupaten Nias Maimun Zebua, BA, Kepala BPMDK Kabupaten Nias Yulianus Zai, S.Sos, M.Si dengan Narasumber Inspektur Kabupaten Nias Faoaro Lahagu, SE dan Satizaro Ziliwu,SH (Kabag Hukum Setda Kabupaten Nias).

Mengawali kegiatan tersebut Tohuzaro Harefa, SH (Kabag Pemdes Setda Kabupaten Nias) sebagai Ketua Tim Pelaksana melaporkan bahwa, dasar pelaksanaan Bimtek Penyusunan Produk Hukum bagi Unsur Pemerintahan Desa adalah:

Undang _undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan di Desa, Surat Penugasan Bupati Nias Nomor: 140/2033/ADM.

Pemdes tanggal 22 Juli 2015 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Produk Hukum Desa bagi Unsur Pemerintahan Desa dan Surat Bupati Nias Nomor : 005/2292/ADM.PEMDES tanggal 20 Agusutus 2015 hal Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Produk Hukum Desa bagi Unsur Pemerintahan Desa.

Selanjutnya Tohuzaro Harefa, SH menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Bimtek penyusunan produk Hukum Desa bagi unsur Pemerintahan Desa Tahun 2015 adalah untuk meningkatkan kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dalam penyelenggaraan tugas-tugas Pemerintahan Desa utamanya dalam Regulasi Di Desa.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Drs. F.Yanus Larosa, M.AP dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Nias menyambut baik atas terselenggaranya acara Bimtek ini bagi unsur Pemerintahan Desa yang bertujuan untuk memberikan pemahaman bersama dalam penyusunan dan pembuatan Produk Hukum Desa sehingga sumber daya Aparatur Desa memiliki pengetahuan dalam membuat regulasi desa terutama dengan adanya pemberian anggaran dari Pemerintah Pusat guna mendukung Pemerintahan Desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Sekda mengatakan desa sebagai ujung tombak Pemerintah Desa kebawah memiliki otonomi dalam mengatur pembangunan untuk mensejahterakan masyarakatnya, untuk mengatur dan mengurus urusannya masing-masing pemerintahan desa berhak membuat peraturan desa sesuai dengan kebutuhan, urgensi, situasi dan kondisi desa. Peraturan desa merupakan salah satu syarat dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa serta sebagai pedoman dan dalam acuan penyelenggaraan pemerintahan di desa.

Selanjutnya, Sekda Kabupaten Nias menghimbau agar Kepala Desa, BPD dan unsur pemerintah desa agar dapat berkerjasama dengan baik dalam pembuatan peraturan desa, mengingat bahwa sampai saat ini dari 170 desa se-Kabupaten Nias baru 22 (dua puluh) desa yang telah yang menyampaikan Peraturan Desanya ke BPMDK Kabupaten Nias dan telah di evaluasi dan 14 desa lagi yang telah diterima oleh BPMDK Kabupaten Nias dan sedang dalam proses evaluasi.

Peserta dalam kegiatan bimbingan teknis ini yang terdiri 170 Kepala Desa se- Kabupaten Nias dan 170 Ketua BPD se- Kabupaten Nias, dan acara ini juga dihadiri oleh beberapa Camat se- Kabupaten Nias dan para Kabag Lingkup Setda Kabupaten Nias. (Mediaman Zebua).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here