Proyek PSDA Provsu di Labuhanbatu Dinilai Warga Gagal.

0
944

LABUHANBATU-zonadinamika.com. Proyek pemerintah yang di kucurkan seharusnya bisa mengakomodir kepentingan masyarakat penerima pembangunan proyek.setidaknya pembangunan itu berfungsi.

Tapi sayangnya, proyek yang dikucurkan oleh Pemerintah tidak sedikit mengecewakan masyarakat penerima. Hal tersebut kerap disebabkan oleh kontraktor yang mengenyampingkan kwalitas pekerjaan demi memperoleh keuntungan besar.

Seperti, proyek rehabilitasi jaringan irigasi dikecamatan Panai Hulu Labuhanbatu tepatnya di desa Tanjung Sarang Elang. Di ketahui proyek Dinas PSDA Provsu di desa itu dikerjakan di 2 lokasi dengan 1 anggaran. Jenis pekekerjaan berupa normalisasi parit dan pembuatan pintu air (klep).

Pengerjaan proyek tersebut mendapat penilaian miring dari elemen masyarakat dan masyarakat sekitar lokasi, proyek Dinas PSDA itu mereka nilai sia-sia dan tidak berfungsi.

“Proyek itu nantinya tidak akan berfungsi, terutama pintu airnya. Pintu klep itu tidak akan bisa menahan air. Pasalnya, skat penahan air yang terbuat dari plat dengan dindingya terlihar berongga sehingga air tidak bisa bertahan.”sebut Sueb Lubis aktivis MPI Labuhanbatu kepada wartawan selasa (18/8) yang mengaku melakukan investigasi pada pembangunan Pintu air di desa Tanjung Sarang Elang tersebut.

Menurutnya, bila instansi terkait tidak meninjau ulang pembuatan klep air dan normalisasi tersebut, maka program Dinas PSDA itu akan gagal serta masyarakat dirugikan. Soalnya, dana yang digunakan merupakan dana masuarakat yang dikelola oleh pemerintah.

Selain itu dikatakan Sueb, warga yang tinggal di sekitar lokasi normalisasi parit juga sempat marah dan meminta penghintian pembekoan parit di karenakan tanah pembekoan dibuang kejalan menyebabkan jalan sulit di lalui warga.

Sebelumnya, hasil investigasi reporting yang dilakukan wartawan bersama elemen masyarakat dilikasi normalisasi lainnya, terkesan pengerjaannya asal-asalan. Parit yang di korek semakin ke ujung semakin kecil dan tidak beraturan. Papan proyek dipasang di ujung lokasi normalisasi yang tidak bisa dilalui warga, sehingga terkesan informasi proyek tersebut tidak boleh diketahui oleh masyarakat luas

Sementara, sampai berita ini dikirim keredaksi, pihak Dunas PSDA Provsu belum berhasil di hubungi untuk dimintai tanggapannya berkaitan dengan proyek Normalisasi jaringan irigasi yang di kecamatan Panai Hulu itu (AFH)