Selamat Datang di Website Kami, Hadir Untuk Mengungkap Fakta Dalam Berita, Terbuka Untuk Menerima Pengaduan Hub Kami di WA:0858 8835 9460

Bupati Deliserdang: "Mari Jadikan HPSN ini Momentum Peduli Lingkungan Tentang Kebersihan dan Kesehatan.

DELISERDANG-ZonaDinamikaNews.com.Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN yang diperingati setiap tahunnya mengingatkan kembali atas peristiwa tragedi longsor sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kabupaten Cimahi pada tanggal 21 Februari 2005 yang menyebabkan 157 jiwa melayang dan dua kampung yaitu Kampung Cilimus dan pojok hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah.

Sejak saat itu, HPSN diperingati sebagai momentum untuk semakin baik dalam mengelola sampah dan mampu meningkatkan kepedulian dan komitmen kita bersama untuk menyikapi sampah dengan lebih baik, agar kejadian yang serupa tidak terjadi lagi dimasa mendatang,”Jelas Bupati Deli Serdang, H. Ashari Tambunan pada acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023 di PT Sumatera Deli Lestari Indah (SDLI) Sei Jernih, Dusun XIX Desa Percut Kecamatan Percut Sei Tuan, Selasa (21/2/2023).

Peringatan HPSN Tahun 2023 ke-18 mengangkat tema “Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Yang bertujuan untuk menjawab salah satu permasalahan global perubahan iklim yang telah lama dan menjadi perhatian masyarakat dunia. Dimana, fenomena perubahan iklim mempunyai dampak pada berbagai sisi kehidupan seperti kesehatan, ketahanan pangan serta dapat mengancam keseimbangan ekosistem lingkungan dan sumber daya yang terkandung di dalamnya.

Sebelumnya, telah disampaikan kata kunci pengelolaan sampah adalah pemilahan dari tempat asal sampah, bukan pengadaan truk pengangkut sampah atau bahkan membuat TPA yang lebih banyak.

“Disini kepala desa dan lurah memiliki peran penting dan strategis untuk mengajak masyarakat mengambil peran aktif sehingga pengelolaan sampah di wilayah Deli Serdang yang kita cita-citakan menjadi wilayah “Berseri” (bersih, sejuk, rindang dan indah) menjadi lebih baik,”Katanya

Peringatan HPSN kini telah menjadi milik masyarakat, karena pemerintah daerah dan komunitas hingga dunia usaha telah turut serta melakukan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan HPSN dengan caranya masing-masing.

Puncak peringatan HPSN tahun 2023 kabupaten Deli Serdang dilaksanakan hari ini, di Dusun XIX Sei Jernih desa percut Kecamatan Percut Sei Tuan bertemakan ” Ayo jaga Kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya dan mari kelola sampah dengan baik melalui mengurangi Sampah, Mengunakan Kembali daur ulang sampah .

Acara NPSN dihadiri oleh Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan Dinas Lingkungan Hidup , Beserta Opd kabupaten Deli serdang camat percut Sei Tuan A. Fitrian Sukri Sstp MSi seluruh camat yang ada dikabupaten Deli Serdang dan seluruh kepala desa, lurah dan para pengusaha.

Bupati juga menyerahkan penghargaan seperti beberapa sekolah yang mendapat Adiwiyata dan penghargaan kepada para pengusaha yang turut membantu kabupaten Deli serdang dalam pengelolaan sampah.

Setelah selesai acara HPSN ,Bupati melanjutkan kunjungan ke desa saentis meninjau lokasi tempat pembangunan Kantor Camat baru Percut Sei Tuan dan lokasi yang akan di.pakai untuk MTQ 2023.(JM)

BAGIKAN BERITA

You cannot copy content of this page