DD Untuk Pengadaan Masker, Pemdes Rancahilir Subang Diduga Jadi Ajang Bisnis dan Abaikan Surat Kemendes

0
334

Subang, Zonadinamikanews.com.“Gerakan Setengah Miliar Masker” adalah salah satu upaya pemerintah RI melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk menangani pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tingkat Desa sebagaimana tertuang dalam Surat Kemendes PDTT nomor : S. 2294/HM.01.03/VIII/2020 yang dikeluarkan tanggal 4 Agustus 2020. Sebelumnya, pemerintah RI melalu Kementerian Keuangan juga telah mengeluarkan kebijakan pembebasan pajak pada pengadaan barang dan jasa dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

Kebijakan tersebut sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI nomor : 28 /PMK.03/2020 Tentang Pemberian Fasilitas Pajak Terhadap Barang dan Jasa Yang Diperlukan Dalam Rangka Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019. Namun ditengah keseriusan pemerintah dalam upaya menanggulangi dan mencegah penyebaran pandemi Covid-19, disinyalir masih ada saja pemerintahan desa yang justru memanfaatkan kebijakan pemerintah sebagai peluang untuk meraup keuntungan pribadi dan golongannya.

Pemdes Rancahilir Kecamatan Pamanukan Kab. Subang misalnya, menurut informasi yang berhasil dihimpun ZonaDinamika, dalam pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) berupa Masker Kain sebagaimana yang disyaratkan dalam“Gerakan Setengah Miliar Masker” Pemdes Rancahilir terindikasi lebih memilih bekerjasama dengan pengusaha masker. Parahnya lagi, uang hasil selisih dari harga masker tersebut justru dikabarkan menjadi ajang “Bancakan”.

Sumber ZonaDinamika juga menuturkan, ada klasifikasi pembagian hasil selisih harga masker tersebut dimana PJS Kades mendapat jatah paling banyak, kemudian disusul oleh Sekdes dan lainnya. Sedangkan, masih kata sumber, konon untuk BPD juga ada (jatah) tapi ditolak dan akan dikembalikan. Untuk mengetahui kebenaran informasi tersebut, Otong Muayad selaku PJS Kepala Desa Rancahilir saat dihubungi via pesan singkat Whatsapp pada minggu (20/9) ,belum kunjung memberikan jawaban hingga berita ini tayang. (Asep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here