Pembangunan Pamsimas Desa Putat, “Dimaling”

0
259

Sidoarjo-ZonadinamikaNews.com.
Pamsimas (Pembangunan Sarana Air Bersih Masyarakat ) di desa Putat Kecamatan Tanggulangin kabupaten Sidoarjo terindikasi Di mark -Up dan sebagian Fiktif.

Hasil penelusuran awak media ini dilokasi tepatnya samping Balai desa Putat dan mendapat keterangan pengakuan dilokasi dari Sulton Ketua satuan pelaksana kegiatan Pamsimas.

Setelah kami konfirmasi, Sultoni berterus terang,” KKM tidak diberi RAB nya hanya diberi gambar Teknik saja, jadi saya sepaku satlak bekerja berdasarkan gambar saja, dan dana pembangunan Pamsimas Baru Cair 40% saja, itupun pihak desa harus menyediakan dana pancingan terlebih dahulu.” Terang Sulton.

Masih Sulton,” Sedangkan untuk pekerjaan geo listrik hasilnya jelek tidak memuaskan, karena saya juga tidak mengerti cara kerjanya, sehingga tidak jadi dilakukan pengeboran dan hal itu dapat dialihkan dengan mengambil air dari sumur existing jadi dapat ditarik kesimpulan,” Tambahnya.(Pekerjaan geo listrik dan Pengeboran serta kontruksi pipa sumur tidak dikerjakan atau dapat dikatakan Fiktif )

Berdasarkan hasil monitoring dan Investigasi awak media ini, memperoleh informasi yang falid terkait adanya dugaan Mark -Up, bahkan sebagian pekerjaan tidak dilakukan alias Fiktif.

Jenis pekerjaan yang ada dalam paket kegiatan ini ada 6 jenis pekerjaan (1) pembangunan sarana air bersih masyarakat (2) sanitasi sekolah (3) promosi kesehatan (4) kegiatan pelatihan (5) biaya pelatihan KKM dan Satlak (6) Pemasangan Pipa.

Sedangkan sumberdana paket pamsimas ini ada 4 sumberdana yaitu (1) APBD 2 sebesar 70% Rp 245.000.000 (2). APB Desa 10% Rp 35.000.000 (3) in cash 4% Rp 14.000.000 (4) In Kind 16% Rp 56.000.000 jadi total anggarsn untuk Kegiatan pamsimas ini adalah Rp 350.000.000.

Sementara keterangan Kontraktor yang pernah mengerjakan Pamsimas Berinisial L mengatakan ,” Untuk mengerjakan semua Item Pekerjaan Dalam Kegiatan Pamsimas ini Hanya Butuh Biaya sekitar Rp 225 .000.000, itu sudah lengkap termasuk tandon, jaringan , sumur bor, pipa untuk Sumur , pompa celup, sambungan ke rumah Warga.
(ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here