Nias Utara-Zonadinamikanews.com. Miris pengerjaan Pembangunan SPAM IKK PKL Provinsi Kec.Tuhemberua dengan pagu dana sebesar Rp. 2.117.831.100 (dua milyard seratus tujuh belas juta delapan ratus tiga puluh satu ribu seratus rupiah) sampai saat ini masih dikerjakan padahal sudah lewat tahun anggaran. pengerjaan pembangunan tersebut dikerjakan oleh CV.GALINDO INTI PERSADA
A l a m a t : JL.BUNGA ESTER IV NO.7 KEL. PADANG BULAN SELAYANG II,
KECAMATAN MEDAN SELAYANG pantauan media sabtu(9/3/19), Pengerjaan pembangunan SPAM IKK PKL PRIVINSI KEC. TUHEMBERUA TA. 2018 masih dilakukan pekerjaannya, meskipun tahun anggaran (TA) 2018 sudah berakhir.

Proyek yang menyerap Anggaran milyard itu, hingga Sabtu (9/3/2019) terlihat masih tetap berlanjut terutama pembuatan bendungan air, HU (hidran umum), KU ( kran Umum), dan Drainase (belum terpasang).

Uniknya, kegiatan Pengerjaan pembangunan SPAM IKK PKL PRIVINSI KEC.TUHEMBERUA TA. 2018 itu tidak pernah memiliki plank proyek.

Pantauan di lokasi pekerjaan proyek tersebut, beberapa para pekerja bangunan masih terlihat melakukan proses tahap pembuatan mal bendungan.

Terpisah, koordinator tim investigasi DPD LSM GPN, sozanolo Zebua, menanggapi hal itu, sangat menyayangkan atas sikap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas terkait, yang terkesan kurang tegas terhadap rekanan.

“Artinya, ini menjadi fakta bahwa rekanan yang diunjuk untuk mengerjakan proyek itu, tidak profesional. Pihak Pemprovsu melalui Lembaga Lelang Proyek dalam hal ini lalai memilih pihak rekanan yang berkualitas. Ini yang menjadi tanggung jawab Pemprovsu,” ujarnya.

Dia juga menambahkan kegiatan pembangunan SPAM IKK PKL PRIVINSI KEC. TUHEMBERUA TA. 2018 itu, yang hingga kini belum selesai dikerjakan saya menduga ada kongkalikong penunjukan rekanan yang mengerjakan kegiatan pembangunan tersebut bersama PPK (pejabat Pembuat Komitmen).

jika masa pekerjaan diperpanjang, harus sesuai aturannya, yakni rekanan menyurati PU, kemudian PU menyurati Inspektorat, setelah itu Inspektorat turun ke lapangan. Baru setelah itu bisa diperpanjang atau tidak, dan juga ditetapkan denda adendumnya,” ungkapnya.

Soza meminta agar kontrak rekanan segera diputuskan.
“Terkait pengerjaan kegiatan pembangunan SPAM IKK PKL PRIVINSI KEC.TUHEMBERUA TA. 2018, yang berlokasi di Kecamatan TUHEMBERUA, kanupaten Nias Utara kita minta kepada PPK untuk memutuskan kontrak kerja dengan perusahaan yang melaksanakan kegiatan, sesuai Perpres Nomor 70 tahun 2012,” kata soza.

Selain itu, soza, meminta kepada aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas pembangunan SPAM IKK PKL PRIVINSI KEC. TUHEMBERUA Tahun anggaran 2018, “Kita juga meminta kepada aparat hukum untuk mengusut proyek yang masih berjalan hingga saat ini (2019),” tegasnya lagi.

Pelaksana KUPT, Penata Ruang dan Pemukiman cabang Gunungsitoli saat ditemui media dikantornya di jln. Sudirman no. 8, Gunungsitoli 11/3/19, liber sinaga, tidak berada ditempat, Informasi yang dihimpun beliau sedang dinas luar. Hingga berita ini diturunkan.@red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here