Rekanan Kurangi Item Pekerjaan Gorong – Gorong Pasar Turi?

0
405

SURABAYA – Zonadinamika.com. Proyek gorong-gorong pasar turi tepatnya didepan kantor Petugas  Memadam Kebakaran (PMK)  Pasar Turi hingga sisi samping sebelah barat, yang dikerjakan kontraktor pelaksana CV. Marga Perkasa yang menelan APBD TA 2017 dengan nilai kontrak Rp. 1.451.236.550,00 Diduga ada pengurangan item pekerjaan.

Indikasi tersebut terlihat, ketika saat pemasangan U-Ditch masih tergenang air kurang lebih tinggi debit air 15 cm yang bercampur dengan sedikit sampah seperti tampak foto.

Sesuai dengan metode teknis pelaksanaan saluran, seharusnya saat pengerukan tanah sesuai dengan yang direncanakan sehingga elevasi dan ukuran sesuai bestek kemudian proses pengeringan tanah hingga 100 persen tanah tersebut kering, jikalau tanah masih mengandung air maka fungsi pemadatan terlaksana yakni pasir padat dan sirtu padat sesuai ketebalan yang direncanakan dalam besaran teknis.

Jika dalam pengerukan dengan keadaan debit air yang tinggi harus terlaksana kisdam kemudian proses dewatering terlaksana dengan efektif, langkah selanjutnya, proses lantai kerja tergantung jenis saluran seperti primer, sekunder, tersier.

Namun fakta dilapangan, bertolak belakang dengan metode teknis pelaksana, ada item pekerjaan tanah yang tak terlaksana seperti pasir padat dan sirtu padat tebal 15 cm dengan volume 13.000 m3 sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB).

Saat pihak kontraktor pelaksana dikonfirmasi lewat surat konfirmasi yang bernomor 00274/Srt-Red/ZD/JATIM/V/2017 pada tanggal 12 mei 2017, belum ada tanggapan.  ZD pun konfirmasi lewat telepon juga tidak dijawab. Akhirnya, konfirmasi lewat SMS, Dendi kontraktor pelaksana CV. Marga Perkasa mengatakan menyarankan koordinasi dengan orang lapangan. “Sampean koordinasi sama Pak Rudik saja, Pak. Karena Pak Rudik orang lapangan kita,” sarannya.

Ketika Rudik, pekerja yang berada dilapangan dikonfirmasi melalui seluler terkait surat dan pekerjaan tersebut mengatakan bahwa pekerjaannya tidak ada masalah. “kata bosnya mas, perkerjaan tersebut sudah sesuai dan tidak ada masalah,” ujarnya juga selaku anggota ormas Pemuda Pancasila, kemarin, senin (15/5).

Hingga berita ini ditampilkan, PPKm Dinas PU Bina Marga dan Pemutusan Kota Surabaya belum dapat ditemui. (dms)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here