Pendistribusian Tabung Gas Kongkalikong, Konsumen di Rugikan Pihak Pangkalan?

0
496

KARAWANG, Zonadinamika.Com. Dari hasil pantauan zoandiamika.com. Pangkalan gas bersubsidi wilayah Desa Baturaden Kecamatan Batujaya,mempunyai alokasi pengiriman gas LPG sebanyak 3.270 tabung/Bulan.Kuota tersebut berdasarkan catatan yang tercantum dalam daftar pangkalan LPG 3 Kg diwilayah kerja Hiswana Migas DPC Purwakarta Rayon Karawang tanggal 11/02/2016.Pendistribusian gas melon tersebut dikirim oleh PT.Nata Sumber Abadi sebagai Agen, dan seminggu tiga kali pengiriman dengan kisaran 800 tabung.

Kastirah Pemilik resmi pangkalan sudah tidak melakukan penjualan gas lagi, karena failit, Warsito  mempercayakan pembelian dan penjualan gas tersebut kepada Riki dan Ketut Dewo,karena sebagian permodalannya dibiayai mereka (Riki/Dewo-Red).Penjualan gas dipangkalan Kastirah, Riki telah mempercayakan kepada pengecernya yaitu ust Ibrohim dengan harga Rp.17.500/tabung.

Indikasi adanya Pendistribusian Tabung Gas Kongkalikong dan Konsumen di Rugikan Pihak pangkalan, sebab pemilik pangkalan atas nama Kastirah itu berada didusun Binajaya Desa Batujaya,bukan berada di desa Baturaden.Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh kepala desa Baturaden H.Nimun kepada Zona Dinamika.com via telepon selulernya,Sabtu (9/4). Sehingga Masyarakat Desa Baturaden sendiri belum pernah membeli gas bersubsidi dipangkalan tersebut,karena setiap warga mau membeli gas kepangkalan, gas bersubsidi itu sudah habis diangkut oleh pengecer.

Menurut Ust.Ibrohim saat ditemui dipangkalan mengatakan,pembagian alokasi gas untuk pengecer dipangkalan Desa Baturaden hanya dirinya dan Sarip saja.Dalam setiap kali pengiriman gas dari agen,mereka langsung mengangkut ke warung-warung langganannya  masing-masing.”Dipangkalan ini pengecernya cuma berdua,kita beli dari pemilik pangkalan harganya Rp.17.500/tabung.” Ujarnya.

Warga setempat  mengatakan, bahwa  setelah bongkar muat gas LPG dipangkalan tersebut selesai, beberapa jam kemudian suka datang sebuah mobil carry pick- up   yang  parkir disamping rumah ust Ibrohim,lalu tidak lama mobil tersebut dimuat tabung-tabung gas yang diangkut oleh cator.

Hasil pantauan zonadinamika.com mobil carry pick up berwarna putih dengan nomor polisi T.8457 L  yang berhenti diperbatasan Kecamatan Batujaya-Tirtajaya,Kamis (30/3) pukul 16.00 Wib.Seorang supir yang mengaku bernama Ketut Dewo saat dikonfirmasi menuturkan. ”Tabung-tabung  gas bersubsidi tersebut  yang dia angkut dari rumah Ust Ibrohim memang akan di bawa kewilayah Teluk Jambe.

Dirinya mengklaim sebagai pemilik pangkalan yang atas nama Kastirah,”Menurut pimpinan saya tabung-tabung yang berisi gas ini mau dibawa kewilayah mana juga tidak jadi masalah,asalkan masih wilayah Kabupaten Karawang ”Tuturnya.

Ditempat terpisah Atin sutisna aktifis pemerhati kesejahteraan masayarakat Kabupaten Karawang sangat menyesalkan prilaku bisnis yang diterapkan oleh agen dan Pangkalan yang menjual harga gas bersubsidi diatas HET,karena menurutnya, itu sudah tidak sesuai dengan SK Nomor.542/Kep.629-HUK/2014.yang terpampang disetiap pangkalan.Selain itu sudah melanggar permen ESDM Nomor 26 tahun 2009 tentang Penyediaan dan pendistribusian LPG.”Apakah itu kebijakan atau apakah sesuai aturan ????,saya harap pemerintah daerah dan Hiswana migas karawang bertindak tegas terkit hal tersebut.” Tegasnya. (Haris/Wasim)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here