Pungli,Di SDN 01 Pegiringan

0
503

PEMALANG-Zonadinamika.com. Tidaklah mudah memberantas pungli (pungutan liar),terlebih yang nota bene,jika oknum pungli di instansi sekolah bekerjasama dan merasa di bekingi oleh orang yang di anggap kuat dan berkuasa.Bisa di pastikan,pungli akan semakin kuat dan merajalela.

Seperti yang terjadi di SDN 01 Pegiringan,beberapa bulan lalu yang mendapatkan program BSM (Bantuan Siswa Miskin) atau sekarang KIP (Kartu Indonesia Pintar) untuk pengajuan 65 siswa miskin.Menurut info dan data yang di dapatkan Zona Dinamika,bahwa pihak sekolah menerima uang sumbangan sukarela melalui komite sekolah,yang nota bene masing-masing siswa di pungut mulai dari Rp.25 ribu sampai dengan Rp.100 ribu.

“Gak benar itu pak,kita pihak sekolah tidak pernah memotong uang BSM,karena wali murid mencairkan uang itu langsung di bank BRI dan setelah itu semua urusannya sama ketua komite”.Jawab Endang Puji Lestari,S.Pd selaku kepala sekolah yang di dampingi Jirman Huri,S.Pd guru kelas dua,di tempat kerjanya.

Namun,ketika Zona Dinamika bertanya lebih lanjut lagi,Endang segera menyarankan Zona Dinamika bertanya langsung dengan ketua komite yang kebetulan adalah orang nomer satu di Desa Pegiringan.

Di tempat berbeda,Duhari Daya kepala desa Pegiringan secara tidak langsung membenarkan pertanyaan Zona Dinamika.”Tidak ada pungli tentang BSM di sekolah,akan tetapi uang itu adalah sumbangan sukarela dari wali murid untuk membantu merapihkan atap yang sudah rusak,kalau memang ada yang protes,suruh kesini orangnya menghadap saya”.Jawabnya dengan tegas,ketika ditemui di tempat kerjanya.

Patut di acungi jempol,sumbangan sukarela yang nota bene diberikan oleh para wali murid bisa dikategorikan kompak dan seragam.Untuk kelas 1,2,3,4 dan 5,masing-masing penerima BSM sebesar Rp.450 ribu,memberikan sumbangan Rp.100 ribu dan untuk kelas enam dan yang sudah lulus,menerima Rp.225 ribu dan menyumbang Rp.25 ribu.

Bisa di bayangkan,bila setiap ada program sejenis,belum lagi sejarah turun temurun ketika hendak lulus sekolah biasanya ada juga pungli sejenis yang berdalih sumbangan sukarela untuk pihak sekolah. (SatriyoAdie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here