Penggunaan Dana Bos,Tidak Transparan

0
1087

PEMALANG JATENG,Zonadinamika.com- Penggunaan dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) di SMAN 1 Bantarbolang masih kurang transparan.Pasalnya,pihak sekolah sepertinya enggan memberikan keterangan terkait peruntukan dan detil dana BOS tersebut.

“Kalau masalah dana BOS di sekolah ini di pilih,karena itu sudah peraturan dari dinas pendidikan di Kabupaten”.Papar kepala sekolah Drs.Adi Prihastanto M,Pd melalui Drs.Urip Hardiyanto,S,Pd selaku Wakil kepala sekolah.

Masih menurutnya,kalau hanya siswa yang di pilih saja yang mendapatkan dana BOS.Terkait hal ini,dirinya tidak mau menjelaskan detil tentang teknis dana BOS,karena menurutnya ada petugas khusus yang menangani dana BOS,di sekolah.

Yang lebih mengherankan lagi,ketika di tegaskan,pernyataan tersebut salah,mungkin itu teknis BSM (Bantuan Siswa Miskin).Namun,dengan tegas Drs.Urip Hardiyanto S,Pd membenarkan kalau teknis BOS di SMAN 1 Bantarbolang memang seperti itu.Di duga kuat,hal ini sudah di kondisikan oleh Dindikpora (Dinas Pendidikan dan Olah Raga).

Masih dengan pernyataan sang Waka,bahwa terkait dana BOS,yang berhak bertanya serta meneliti secara detil terkait jumlah dana hanya dinas pendidikan dan inspektorat saja.Sejauh ini,pertanyaan tentang jumlah dana BOS per siswa,belum di jawabnya.

Perlu diketahui,bahwa jumlah dana BOS per siswa setingkat SMA/SMK sederajat,sekarang adalah Rp.1.200.000,-(Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah),bilamana dikalikan total jumlah siswa SMAN 1 Bantarbolang,sekitar 916 siswa, maka hasilnya sekitar Rp.1.099.200.000,-(Satu Milliar Sembilan Puluh Sembilan Juta Dua Ratus Ribu Rupiah).

Namun sayang,dana BOS sebesar ini rupanya telah membuat pihak sekolah jadi pusing tujuh keliling untuk menghitung dan mendatanya.Atau mungkin juga ada dugaan kuat,dana tersebut akan dijadikan bancakan antara pihak sekolah dan dinas-dinas terkait,yang tadi telah disebutkan tadi. (SatriyoAdie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here